Mendagri Tito Minta Kebijakan Kepala Daerah Harus Berdasarkan Riset

Raka Dwi Novianto
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Dok. Humas Kemendagri).

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Dalam Negeri dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), khususnya dalam rangka sinergisitas penyelenggaraan fungsi riset dan Inovasi di bidang pemerintahan dalam negeri yang disebut Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

"Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya sangat menyambut gembira terima kasih banyak kepada ketua dewan pengarah BRIN ibu Megawati Soekarnoputri kemudian juga semua dewan pengarah serta Kepala BRIN," ujar Tito dalam sambutannya yang disiarkan YouTube BRIN Indonesia, Rabu (20/4/2022).

Dengan dibentuknya BRIDA tersebut, Tito berharap kepala daerah dapat membuat kebijakan berdasarkan hasil riset.

"Untuk itu rekan-rekan didaerah tolong kita jangan jadi gambler untung-untungan betul-betul membuat kebijakan berdasarkan hasil riset sains untuk itu visi kita mindset untuk berbasis data ini harus ada di seluruh pikiran rekan-rekan kepala daerah selaku user yang paling utama," kata Tito.

Tito menjelaskan bahwa untuk tema riset bisa ditentukan langsung oleh kepala daerah dan juga dibantu oleh BRIDA.

"Manfaatkan betul riset ini sebagai tink tank tempat untuk melakukan pusat pemikiran kemudian bisa juga melalui bottom up artinya dari BRIDA nya sendiri kalau misalnya mohon maaf rekan-rekan kepala daerah pasionnya kurang happy ke mengenai riset dan sains kemudian pasionnya kurang ke metodologi penelitian dan lain-lain maka bisa dilakukan secara bottom up atas inisiatif BRIDA," jelasnya.

"Tapi disesuaikan dengan skala prioritas bisa menangkap kira-kira yang dibutuhkan kepala daerah itu apa untuk mendukung memperkuat kebijakan atau mengambil kebijakan yang tepat," imbuhnya.

Tito mengaku siap untuk bekerja sama dengan BRIN untuk mendukung BRIDA untuk bisa segera terbentuk di semua daerah dan bisa berjalan dengan baik. Nantinya juga akan disiapkan aturan-aturan kebijakan yang ada termasuk penganggarannya. 

"Kita akan follow up membentuk tim teknis lapangan sambil kita nanti satu-satu kita akan melihat daerah -daerah mana yang lebih dahulu. Tapi kita lihat tentunya rekan -rekan berlomba -lomba di daerah untuk segera secepatnya membentuk Brida ini dan betul-betul manfaatkan untuk membuat basis kebijakan oleh bapak-bapak sekalian ibu-ibu sekalian," katanya.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network