Dicintai Rakyat, Riza-Debby Ukir Sejarah Calon Tunggal di Pilkada Bangka Selatan

Wiwin Suseno
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid - Debby Vita Dewi. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Wiwin.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Tak hanya kompak berpasangan kembali untuk mencalonkan pada periode kedua, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan Petahana Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi juga mengukir secara calon tunggal pada Pilkada Bangka Selatan.

Hal itu dikarenakan dua Pemimpin tersebut merupakan Pemimpin yang dicintai rakyat Bangka Selatan.

Tak hanya konsisten dan amanah dalam mewujudkan 4 program unggulan yang dijanjikan saat mencalonkan diri pada periode pertama, Riza-Debby juga berhasil mengubah wajah Bangka Selatan menjadi lebih baik.

Selain itu, Riza-Debby juga memiliki program pro rakyat lainnya seperti program Ajak Bupati Kite Sambang Kampung (Aik Bakung) yang mendekatkan Pelayanan Pemerintah Daerah terhadap masyarakat sekaligus mendekatkan Pimpinan daerah dengan Rakyat.

Kondisi ini membuat masyarakat Bangka Selatan merasa puas dengan kinerja Riza-Debby pada periode pertama.

Kepuasan masyarakat tersebut tercermin dari hasil survei dua lembaga survey ternama nasional yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Indikator Politik Indonesia. 

Berdasarkan hasil survey LSI, tingkat kepuasan masyarakat kinerja Riza-Debby saat memimpin Bangka Selatan pada periode pertama mencapai 90,2 Persen terdiri dari 71,6 Persen merasa cukup puas dan 18,6 Persen merasa sangat puas. Sedangkan yang merasa tidak puas hanya 8 persen terdiri dari kurang puas 5,9 Persen dan tidak puas sama sekali 2,1 Persen.

Hasil survey LSI tersebut tak jauh beda dengan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Berdasarkan hasil survei Indikator, tingkat kepuasan masyarakat kinerja Riza-Debby saat memimpin Bangka Selatan pada periode pertama mencapai 87,3 Persen terdiri dari 65,9 Persen merasa cukup puas dan 21,4 Persen merasa sangat puas. Sedangkan yang merasa tidak puas hanya 9,7 persen terdiri dari kurang puas 9,1 Persen dan tidak puas sama sekali 0,6 Persen.

Berbagai program pro rakyat yang telah dilakukan Riza-Debby pada periode pertama hingga membuat tingkat kepuasan masyarakat sangat tinggi, membuat sosok kedua Pemimpin merakyat ini dipercayakan oleh seluruh Partai Politik peraih Kursi di DPRD Bangka Selatan pada pemilu 2024 lalu yang menamakan diri Koalisi Rakyat Bangka Selatan Bersatu untuk mencalonkan diri pada periode kedua hingga ditetapkan KPU Bangka Selatan sebagai calon tunggal dengan nomor urut 2.

Tak hanya itu, beberapa partai politik peserta pemilu non parlemen juga turut mendukung Pasangan calon yang familiar dengan slogan "Asak Kawa Kite Pacak" Ini hingga koalisi partai politik pengusung berjumlah 11 Partai terdiri dari Partai PDIP, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PKS, Golkar, PBB, PPP, Perindo, PKB dan PAN.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Bangka Selatan, Wendy mengatakan, Kinerja Riza-Debby dalam menjadikan Bangka Selatan lebih maju, menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk mengusung Riza-Debby melanjutkan kepemimpinannya.

"Yang pertama Riza-Debby memang mengambil dan mengembalikan Formulir Penjaringan di Partai Demokrat sesuai mekanisme Partai. Yang Kedua harus kita akui Kinerja Riza-Debby dalam membangun Bangka Selatan sangat luar biasa sehingga boleh dikatakan Bangka Selatan jadi Iconnya Babel meskipun baru 3,5 Tahun memimpin Bangka Selatan," katanya.

Yang Ketiga Kata Wendy, Program Kerakyatan yang dilakukan oleh Riza-Debby memang benar-benar dirasakan masyarakat sehingga menjadi Pertimbangan penting Partai Demokrat dalam mendukung Riza-Debby untuk melanjutkan pembangunan di Bangka Selatan.

"Saya rasa, kawan-kawan Partai lain juga punya pemikiran yang sama, makanya semuanya sepakat membentuk Koalisi Rakyat Bangka Selatan Bersatu," ucapnya.

Senada dikatakan Ketua DPD Partai Nasdem Bangka Selatan Suhardi Joy. Menurut Dirinya kerja nyata Riza-Debby dalam membangun Bangka Selatan menjadi Fakta pendukung Partai Nasdem untuk mendukung Riza-Debby dalam melanjutkan Kepemimpinan.

"Kita sama-sama melihat bagaimana kondisi Bangka Selatan sejak dipimpin Riza-Debby. Kerja Nyata Riza-Debby dalam membangun Bangka Selatan sudah teruji, tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari penataan wajah kota hingga Program Kerakyatan Aik Bakung yang manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Fakta-fakta inilah yang menjadi alasan partai Nasdem memberikan amanah kepada Riza-Debby untuk melanjutkan Kepemimpinan pada periode kedua," katanya.

Meskipun angka kepuasan terhadap kinerja mereka cukup tinggi dan mendapat dukungan 11 partai politik pada Pilkada 27 Nopember nanti, Riza-Debby tetap rendah hati dan tidak jumawa.

Menurut Calon Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, dirinya tetap konsisten dan tetap fokus menjalankan program pro rakyat bersama Calon Wakil Bupati Debby Vita Dewi dan Partai Pengusung pada periode kedua.

"Kita pakai ilmu padi saja, tidak perlu berpuas diri dengan apa yang telah dilakukan, apalagi harus sombong. yang terpenting dari seorang pemimpin itu adalah bagaimana rakyat bisa terus merasakan program dan kebijakan yang dibuat," ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS masing-masing pada 27 Nopember 2024 agar dirinya bersama Calon Wakil Bupati Debby bisa terus melayani rakyat pada periode kedua.

"Meskipun Riza-Debby sudah ditetapkan sebagai calon tunggal pada Pilkada ini, bukan berarti kami sudah terpilih. Suara rakyat masih menjadi penentu pada hari pencoblosan nanti tanggal 27 Nopember 2024. Oleh karena itu, mari datang ke TPS masing-masing untuk menggunakan hak pilih agar nantinya kami masih bisa melanjutkan program pro rakyat," ucapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network