Siapa Pemilik Oriflame, Brand Kosmetik yang Banyak Digandrungi Kaum Hawa di Tanah Air

Raihan Akbar/ Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
Siapa pemilik Oriflame, brand kosmetik yang banyak digandrungi kaum hawa di Tanah Air. Foto: Oriflame.id.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Oriflame, brand kosmetik yang banyak digandrungi kaum hawa di Tanah Air. Produk-produk Oriflame kini sudah dijual secara langsung melalui jaringan penjual mandiri (independent sales force) yang cukup berbeda dengan produk retail pada umumnya. 

Oriflame menawarkan berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang inovatif dengan harga yang cukup kompetitif sehingga mudah diminati. Saat ini, jaringan bisnis brand ini telah tersebar di lebih dari 60 negara di dunia.

Lantas, siapa pemilik Oriflame? Bagaimana perjalanan perusahaan ini hingga sukses seperti sekarang? Lintas Babel merangkum informasi lengkapnya berikut ini!

Siapa Pemilik Oriflame

Oriflame didirikan oleh dua bersaudara Jonas dan Robert af Jochnick serta rekan keduanya yakni Bengt Hellsten di Swedia.

Semuanya dimulai pada tahun 1967, di sebuah kantor kecil di Stockholm. Dua orang bersaudara, Jonas dan Robert af Jochnick, serta teman mereka,Bengt Hellsten,duduk dan berbincang mengenai impian mereka.

Mereka ingin membuat sebuah perusahaan berbeda yang menawarkan jenis produk yang berbeda. Mereka lantas mendapatkan ide dengan memberi orang kesempatan untuk mendapat manfaat dari produk kecantikan berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh alam Swedia.

Pada saat itu, ide ini bukanlah hal yang umum – terutama di Swedia. Namun percakapan tersebut justru menandai awal dari perjalanan luar biasa yang bahkan terus menginspirasi hingga lebih dari 50 tahun kemudian.

Dikutip dari laman resmi Oriflame, produk pertama brand ini dibuat pada 1967. Pada mulanya,produk yang dibuat oleh dua bersaudara Jochnick dan rekannya Hellsten ini merupakan produk krim kulit, lipstik, dan maskara.

Produk perawatan kulit Oriflame terbuat dari ramuan dan ekstrak tumbuhan dari Swedia yang terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa.

1970 - Metode Penjualan yang Inovatif

Alih-alih pesta di rumah, perusahaan mencoba berbagai cara baru dan memfokuskan pada Beauty Guide dan penjualan secara langsung. Pada bulan Agustus 1970, mereka mencetak Beauty Guide Oriflame pertamanya dengan total 1.000 eksemplar.

1970s - Tender Care Diluncurkan

Awalnya Tender Care dijual sebagai krim mata. Namun ia segera menjadi terkenal Karena manfaatnya yang dapat membantu merawat kulit kering. Sekarang produk ini merupakan produk dengan penjualan terbesarnya. Total telah lebih dari 40 juta kemasan telah terjual.

Nilai Penjualan Oriflame

Seiring dengan perkembangan Oriflame, perusahaan ini pun berhasil melantai di Bursa Saham London pada 1982. Oriflame juga sekaligus menjadi merupakan perusahaan asing pertama yang terdaftar di Bursa Saham London sejak Perang Dunia II.

Hingga saat ini, perusahaan kosmetik ini telah memiliki lebih dari 6.000 karyawan dengan 1.000 produk. Omzet perusahaan ini mencapai lebih dari EUR1,3 miliar atau setara dengan Rp19,4 triliun (kurs Rp14.889 per EUR).

Selama tahun 2019, 96% pesanan global perusahaan dilakukan secara online. Dari jumlah tersebut, sebanyak 55% di antaranya dijual menggunakan perangkat seluler.

Dilansir dari laman Statista, nilai penjualan Oriflame mengalami peningkatan pada 2016 setelah mengalami penurunan cukup signifikan di tahun 2010 yakni dari sekitar EUR1,5 juta euro menjadi EUR1,2 juta pada tahun 2015. Adapun pada 2016, nilai penjualan Oriflame berhasil mencapai EUR1,249 juta.

Nilai penjualan Oriflame berturut-turut pada tahun berikutnya adalah EUR1,363 juta (2017), EUR1,279 juta (2018), EUR1,258 juta (2019), EUR1,258 juta (2019), EUR1,157 juta (2020), dan EUR1,017 juta (2021).

Bisnis Keluarga yang Dibesarkan dengan Nilai Kekeluargaan

Jonas, Robert, dan Bengt membesarkan bisnis Oriflame dengan nilai-nilai kekeluargaan dan mimpi. Mereka percaya bahwa menjual mimpi dan kesempatan dapat menebar inspirasi yang bisa memberi makna lebih pada kehidupan. Oleh karena itu, mereka membuat Oriflame bisa diakses oleh semua orang tanpa terkecuali. 

Inilah hal yang mendasari mengapa bisnis Oriflame ini dilakukan dengan metode penjualan secara langsung. 

Oriflame memberikan kesempatan pada para konsultan untuk bertumbuh baik secara pribadi maupun jenjang kariernya. Nilai kekeluargaan menjadi nyawa yang diterapkan para founder dan pemilik Oriflame dalam membangun dan membesarkan bisnis kosmetik ini. 

Itulah ulasan mengenai siapa pemilik Oriflame, perusahaan kosmetik asal Swedia yang berhasil menerapkan metode penjualan secara langsung di berbagai negara. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network