Muslimah Wajib Tau! Ini Perbedaan Jilbab, Hijab dan Khimar

Muri Setiawan
Ilustrasi wanita muslimah.(Foto:Pixabay)


2. Hijab

Mungkin saat ini banyak yang menganggap hijab sebagai kain penutup aurat Muslimah, khusus pada bagian kepala dan rambut. Namun, hijab sendiri merupakan tata cara berpakaian sesuai ajaran Islam.

Di samping itu, secara bahasa hijab berarti "penutup". Adapaun secara istilah, beberapa ulama memiliki penjelasannya sendiri atas makna hijab. Misalnya Abul Baqa’ Al Hanafi yang menjelaskan:

"Setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab."

 

3. Khimar

Berdasarkan Lisaanul Arab, khimar dimaknai secara spesifik sebagai "kerudung". Khimar untuk wanita artinya kerudung. Sebagian ahli bahasa mengatakan khimar adalah yang menutupi kepala wanita.

Allah Subhanahu wa ta'ala menyebutkan khimar dalam sebuah surat yakni An-Nuur Ayat 31:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar ke dadanya."

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network