Memotivasi Diri dengan Slogan Asak Kawa Kite Pacak

Wiwin Suseno
Wiwin Suseno, Jurnalis Bangka Selatan. Foto: ist.

Tanpa kita sadari, slogan ini ternyata bisa mendorong orang untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai hal. Kemauan dan tekad yang kuat yang menjadi pesan moral dari makna slogan ini bisa menghantarkan orang menjadi bisa dan sukses.

Oleh karena itulah, sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Riza-Debby terus menggaungkan slogan ini guna memotivasi warganya. 

Makna dari slogan Asak Kawa Kite Pacak ini juga ternyata memiliki makna yang hampir sama dengan kata motivasi yang terkenal dari Arab yaitu Man Jadda Wa Jadda yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh dia pasti berhasil.

Jika kita pelajari, slogan ini juga merupakan perwujudan dari beberapa firman Allah SWT dan firman Nabi Muhammad SAW seperti beberapa ayat dalam Al-Qur'an dan Hadist dibawah ini.

 

1. Surat Al Insyirah Ayat 7

فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ

 

Artinya: "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,"

 

2. Surat Al Jumu'ah Ayat 10

فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

Artinya: "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung,"

 

3. Hadits Muslim

"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah, namun pada masing-masing ada kebaikannya. Bersemangatlah engkau mencapai (sesuatu) yang bermanfaat bagimu. Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah engkau merasa tak berdaya," 

(HR Muslim).

 

4. Hadits Bukhari

ungguh, jika sekiranya salah seorang di antara kamu membawa talinya, kemudian pulang membawa seikat kayu bakar di atas punggungnya, kemudian dijual sehingga Allah mencukupkan kebutuhannya (maka) itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik diberi maupun ditolak," 

(HR Bukhari).

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network