Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak

Muri Setiawan
Tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak, penting untuk diketahui Foto: Ilustrasi.

Hindari Melabel di Anak

dr Aisah menjelaskan, ibu dilarang memberi label kepada anak, karena hal itu akan membuatnya justru bertindak seperti label yang diberikan tersebut. Terlebih jika label itu sampai terucap dari seorang ibu, yang notabene orang yang melahirkannya, yang memiliki kontak batin dengan si anak.

Anak akan berpikir bahwa dia tidak memiliki lagi pegangan hidup, karena si ibu sudah tidak lagi menganggapnya positif. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi tumbuh kembang si anak.

“Misalnya kamu bodoh, kamu bandel, kamu nakal, kamu jorok, kamu pencuri, kamu penakut ini namanya membuat label, labelnya negatif. Itu di otaknya anak langsung tertanam itu sangat berbahaya, kalau ibunya bilang anak langsung merekam, karena ibu melahirkan,” ujarnya.

“Contoh kita pernah menyebut anak kita pemalas, dulu, itu terekam terus apalagi kita sampaikan ketika si anak di umur tiga tahun itu adalah golden patriot, perkembangan otaknya sangat kuat,” katanya.

dr. Aisah lantas memberi kiat seandainya label negatif sudah terlanjur diberikan. Ibu tidak usah merasa bersalah atau meratapi tindakan tersebut. Karena kalau rasa bersalah akan berbahaya, buat kita sakit dan paling parah lama-lama menyalahkan Allah SWT.

“Jangan segan-segan orang tua untuk meminta maaf kepada sang anak apabila orang tua melakukan kesalahan,” ucapnya.

Hal ini akan direkam dalam memori si anak, dan selanjutnya mereka akan melakukan hal yang sama, meminta maaf ketika salah kepada siapapun.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network