Jumlah Korban Tewas dalam Tragedi Halloween Itaewon Bertambah Jadi 154 Orang 

Anton Suhartono
Jumlah Korban tewas dalam tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, bertambah satu orang menjadi total 154 orang. Foto: Reuters.

SEOUL, Lintasbabel.iNews.id - Jumlah Korban tewas dalam tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, bertambah satu orang. Hingga Senin (31/10/2022) siang, total korban tewas jadi 154 orang dan 26 di antara korban tewas merupakan warga asing.

Dikutip dari Yonhap, Pejabat Markas Besar Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korsel, menyebut sebanyak 153 korban tewas telah teridentifikasi, kecuali satu orang. Selain itu 33 korban luka masih dalam kondisi serius serta 116 lainnya luka ringan.

Untuk warga asing setelah dirinci ada 26 orang yang tewas adalah lima dari Iran, masing-masing empat dari China dan Rusia, masing-masing dua dari Amerika Serikat dan Jepang, serta masing-masing satu dari Prancis, Australia, Norwegia, Austria, Vietnam, Thailand, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Sri Lanka.

Perayaan Halloween di Itaewon ini merupakan tragedi paling mematikan di Korsel sejak kecelakaan kapal Sewol yang menewaskan 304 orang pada 2014. Sebagian besar korban adalah siswa sekolah.

Ribuan orang berdesak-desakan di gang sempit distrik populer tempat ngumpul anak-anak muda Seoul serta warga ekspatriat itu. Sebagian besar korban merupakan kalangan remaja dan berusia 20 tahunan. Perempuan muda mendominasi korban tewas, yakni 98 orang.

Gang tersebut merupakan jalan menurun dengan lebar sekitar 4 meter dan panjang 40 meter. Di sisi kedua gang adalah restoran, hotel, dan tembok tinggi.

Perayaan Halloween ini merupakan yang pertama digelar di Itaewon sejak dihentikan dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah Korsel membuka penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti tragedi mengenaskan ini. Presiden Yoon Suk Yeol juga mengumumkan masa berkabung nasional selama sepekan terhitung mulai Minggu kemarin dan memerintahkan penurunan pengibaran bendera setengah tiang.

Yoon beserta Ibu Negara Kim Keon Hee mengunjungi lokasi kejadian hari ini serta memberikan penghormatan di Seoul Plaza, disusul kemudian oleh Wali Kota Seoul Oh Se Hoon dan Perdana Menteri Han Duck Soo.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jumlah Warga Asing Tewas dalam Tragedi Halloween Itaewon Bertambah, Ini Datanya ".
 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network