Siapa Pemilik Lion Air, Maskapai Penerbangan Paling Populer di Indonesia

Ratih Ika Wijayanti/Net IDX Channel
Siapa pemilik Lion Air, maskapai penerbangan murah yang paling populer di Indonesia banyak dicari publik. Foto: net.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Lion Air, maskapai penerbangan paling populer di Indonesia banyak dicari oleh publik. Kesuksesan sang pemilik maskapai tersebut bisa dijadikan salah satu referensi untuk menginspirasi dan memotivasi para pebisnis.

Lion Air sendiri dimiliki oleh perusahaan bernama PT Lion Mentari Airlines, salah satu raksasa maskapai di Indonesia. Fokus bisnisnya adalah menyediakan jasa penerbangan untuk rute domestik dengan tarif rendah (low-cost carrier). 

Lantas, siapa sebenarnya pemilik Lion Air? Dan seperti apa sang pemiliknya memulai bisnis ini? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Siapa Pemilik Lion Air?

Dilansir dari laman resmi perusahaan, Lion Air didirikan oleh Rusdi Kirana dan saudaranya Kusnan Kirana. Kedua bersaudara ini memulai maskapai penerbangan swasta nasional ini sejak 15 November 1999 dan pertama kali beroperasi secara komersial pada 20 Juni 2000. 

Berbekal modal sebesar USD10 juta atau senilai Rp145 miliar kala itu, kedua bersaudara ini berhasil mendirikan sebuah maskapai penerbangan Lion Air yang melayani penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier). Tagline bisnis aviasi yang satu ini pun sangat populer di kalangan masyarakat yakni “We Make People Fly”. 

Pada awal berdirinya, Lion Air hanya beroperasi dengan dua pesawat tipe Boeing 737-200 untuk rute Jakarta-Pontianak. Siapa sangka, lebih dari 20 tahun berlalu, maskapai ini berhasil merajai industri penerbangan nasional.

Melalui anak usahanya low cost carrier (LCC) Lion Air, Rusdi Kirana berhasil membangun industri jasa penerbangan secara menggurita. Bisa dikatakan, ia merupakan pengusaha di sektor penerbangan yang cukup bertangan dingin. Ia bahkan membangun maintenance, repair and overhaul (MRO) terbesar se-Asia Tenggara yang didirikan di Batam dengan modal investasi yang tak kurang dari USD250 juta. 

Hingga saat ini, Lion Air tercatat memiliki lebih dari 700 pesawat terdiri dari ATR, Airbus, dan Boeing. Tak hanya itu, pada mudik Lebaran 2022 lalu, maskapai milik Rudi dan Kusnan ini menyiapkan sebanyak 184 pesawat yang melayani jutaan masyarakat Indonesia. 

 

Kekayaan Pemilik Lion Air

Kekayaan Rusdi Kirana dan Kusnan Kirana tak terlepas dari keberhasilannya dalam mendirikan dan mengembangkan Lion Air Group hingga sepesat sekarang. Tak hanya Lion Air, group bisnis milik Rusdi dan Kusnan pun membawahi beberapa bisnis aviasi lainnya seperti Batik Air, Wings Air, Malindo Air hingga Thai Lion Air.

Selain bisnisnya  di Industri penerbangan, pemilik maskapai berlogo singa merah ini juga diketahui mengembangkan usaha di bidang media massa dengan meluncurkan surat kabar Harian Nasional (Harnas). Tak heran, jika kekayaan pengusaha yang satu ini melimpah ruah. 

Buah dari tangan dingin dua bersaudara ini dalam  berbisnis di industri penerbangan Tanah Air ini mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2019 dengan kekayaan mencapai USD835 juta atau sekitar Rp12,4 triliun. 

Kepiawaiannya dalam berbisnis di industri penerbangan Tanah Air membuat Rusdi tak segan untuk turut andil terhadap berdirinya maskapai baru bernama Super Jet Air. Di tengah kondisi bisnis penerbangan yang loyo terpukul pandemi Covid-19, Rusdi Kirana cukup mengejutkan dengan membuka maskapai penerbangan Super Air Jet 2021 lalu. Beroperasinya maskapai baru ini juga sekaligus menunjukkan dominasi keluarga Kirana dalam industri penerbangan di Indonesia.

Itulah tadi pembahasan tentang siapa pemilik Lion Air. Ternyata adalah Rusdi dan Kusnan Kirana yang sukses menjadikan Lion Air sebagai maskapai paling populer di Indonesia. Semoga bisa menginspirasi Anda!

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "Siapa Pemilik Lion Air? Salah Satu Raksasa Maskapai Tanah Air"

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network