72 Kafilah Babel Ikuti MTQ Nasional di Kalimantan Selatan

Haryanto
Pelepasan keberangkatan Kafilah MTQ Babel ke Kalimantan Selatan, untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional ke-29. Foto : Istimewa.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sebanyak 72 Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), diberangkatkan ke Kalimantan Selatan. Di sana mereka akan berlaga pada MTQ Tingkat Nasional ke-29.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin secara resmi melepas keberangkatan Kafilah MTQ tersebut.

 "Saya mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan LPTQ dalam menyiapkan kafilah ini. Sejak Desember 2021 kerangka kafilah sudah mulai terbentuk dan setelahnya berbagai pembinaan terus dilakukan," kata Pj Gubernur Babel, Rabu (5/10/2022).

Dia berpesan, agar para wakil Babel tersebut dapat memberikan yang terbaik dan berprestasi.

"Yang terpilih haruslah yang terbaik dan telah melalui proses yang panjang. Ibarat intan setelah didapat tentu harus digosok agar menjadi berlian terbaik. Di LPTQ setelah lulus seleksi tentu harus ditempa tiada henti agar memiliki tekad dan semangat pantang menyerah," ujarnya.

Ridwan juga berharap, bila nanti ada yang menjadi juara, tak perlu angkuh dan sombong karena ada banyak orang yang besar akhirnya jatuh sebagai buah dari kesombongannya.

"Jangan cepat berpuas diri karena akan melenakan dan menurunkan semangat juang," katanya.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua LPTQ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Sofyan, mengatakan kafilah yang diberangkatkan berjumlah 72 Orang yang terdiri dari lima orang pimpinan kafilah, 49 peserta, sembilan pelatih dan sembilan orang offisial. 

"Dari 49 orang peserta tersebut akan mengikuti delapan cabang lomba yaitu Tilawah, Qiro'ah, Khot, Fahmil, Syarhil, KTIQ, Tafsir serta Hifdzil," ucap Sofyan.

Menurutnya, MTQ Nasional Tahun 2022 ini Bangka Belitung belum dapat mengirimkan Cabang Tilawah Cacat Netra, karena belum tersedia Sumber Daya Manusia yang memadai. 

Sementara itu peserta Tafsir Bahasa Inggris dan Hifdzil Qur'an 30 Juz putri mengundurkan diri, karena melanjutkan pendidikan di luar negeri.

"Mohon do'a dari seluruh masyarakat Bangka Belitung agar kafilah ini dapat memberikan hasil yang terbaik. Kami berharap para pimpinan pondok pesantren, para ketua masjid, para ibu-ibu Majelis Taklim, para guru-guru ngaji serta masyarakat lainnya dapat senantiasa mendo'akan kami," tuturnya.

Kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan diberangkatkan ke Kalimantan Selatan pada tanggal 10 Oktober 2022, melalui Bandara Depati Amir pada siang hari dan diperkirakan tiba di Banjar Baru pada malam hari. Kemudian mereka akan langsung melakukan registrasi ulang di Asrama Haji Banjar Baru.

Editor : Haryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network