Tingkatkan Kompetensi Auditor, BPKP Lakukan Workshop Digital Forensic

Muhamad Maulana
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar workshop pemanfaatan digital forensic dan data analytics kepada perwakilan inspektorat tiga provinsi di Hotel Tanjung Pesona. Foto: lintasbabel.inews.id/ Maulana.

BANGKA, lintasbabel.inews.id - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar workshop pemanfaatan digital forensic dan data analytics kepada perwakilan inspektorat tiga provinsi di Hotel Tanjung Pesona, Selasa (4/10/2022) pagi. Pelatihan tersebut sebagai langkah meningkatkan kualitas auditor dalam pelaksanaan tugas. 

Kepala BPKP Babel, Faeshol Cahyo Nugroho mengatakan, workshop/pelatihan digital analytics yang berlangsung pada 4-6 Oktober 2022 diikuti perwakilan inspektorat dari provinsi, kabupaten/kota. BPKP Babel bertindak selaku tuan rumah sementara itu peserta berasal dari perwakilan inspektorat  Provinsi Babel, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Riau (Kepri). 

"Ini untuk meningkatkan kemampuan dari auditor daerah kita dalam menganalisis data. Baik untuk tujuan forensik maupun membantu daerah dalam mencapai tujuannya," katanya.

Menurutnya, pelatihan digital forensik ini akan sering digunakan dalam tugas sehari-hari auditor. Termasuk membantu pemerintah daerah dalam analisis kegiatan seperti penyaluran bantuan sosial. 

"Jadi diharapkan punya kemampuan dalam pengujian data, dengan pengujian data harapannya nanti kegiatan seperti bantuan sosial pemerintah bisa dianalisis. Baik bantuan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota hingga desa agar bantuan sosial semakin bersih datanya. Agar bantuan sosial cakupannya bisa lebih luas," ujarnya. 

Pihaknya meminta para auditor yang menjadi peserta analisis digital forensik setelah mengikuti pelatihan kian meningkat kompetensinya. Terutama dalam hal analisis data digital berbasis informasi telekomunikasi.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network