Erick Thohir Ganti Dirut Holding BUMN Pertambangan MIND ID

Muri Setiawan
Erick Thohir Ganti Dirut Holding BUMN Pertambangan MIND ID

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri BUMN, Erick Thohir merombak jajaran Dewan Direksi Holding BUMN Pertambangan, PT Inalum (Persero) atau MIND ID. Pemegang saham menetapkan Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama MIND ID.

Hendi menggantikan Orias Petrus Moedak yang sebelumnya menduduki posisi tersebut. Pergantian struktural dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

Kabar pergantian ini dibenarkan Orias saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia. 

"Iya betul," ujar Orias saat kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (29/10/2021). 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut, pergantian Dewan Direksi MIND ID merupakan bagian akselerasi transformasi industri pertambangan yang berkelanjutan (sustainable). 

"Dan environmental friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0," ujar Arya kepada wartawan, Jumat (29/10/2021). 

Selain itu, pergantian juga untuk mendorong pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrasi metal dan mineral secara keseluruhan di industri hulu (upstream). Tujuannya, memaksimumkan nilai yang bisa diperoleh sehingga mampu memperkuat industri pertambangan dalam negeri. 

"Comprehensive upstream dan downstream processing untuk memaksimalkan value dan nilai yg bisa diperoleh di dalam negeri sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat," katanya.

Alasan lain adalah, MIND ID harus menjadi motor penggerak dan inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional yang bertujuan untuk mengurangi defisit negara akibat net import energi hingga pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat. 

"Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerjasama dengan player electric mobility global," kata Arya.

Hendi Prio Santoso merupakan mantan Direktur Utama (Dirut) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dia diangkat sejak 2017 lalu. Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Dirut PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, sejak 2008-2013.

Adapun susunan direksi Inalum yang Baru: 

Dewan Direksi

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso 

Direktur Pengembangan Usaha: Dilo Widagdo 

Direktur Keuangan: Devi pradyna paramita 

Direktur Operasi & Portofolio: Danny Praditya 

Direktur Hubungan Kelembagaan: Dany Amrul Ichdan

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network