get app
inews
Aa Read Next : Dr Hinca Gelar Bedah Buku Save Babel di Bangka Tengah, Berisi 8 Rekomendasi untuk Prabowo-Gibran

4 Sosok Menguat Usai Herry Erfian Lepas Kursi Wakil Bupati Bangka Tengah, Patrianusa: Saya Siap!

Jum'at, 10 Juni 2022 | 17:00 WIB
header img
Herry Erfian berpamitan dengan PNS di lingkungan Pemkab Bangka Tengah. Dirinya mundur dari jabatan Wakil Bupati Bangka Tengah, dan memilih menjadi anggota DPD RI. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sejumlah nama sosok pengganti Herry Erfian sebagai Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus bermunculan, usai keputusan Herry Erfian memutuskan menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Hudarni Rani di DPD RI.

Nama-nama tersebut adalah Melati Erzaldi istri Gubernur Babel periode 2017-2022 Erzaldi Rosman,  Mulyadi anggota Komisi III DPRD Babel yang juga Ketua DPD Nasdem Bateng, Era Susanto anggota DPRD Bangka Tengah dari Fraksi Golkar, dan Erlansyah adik dari Erzaldi Rosman. 


Melati Erzaldi, Istri mantan Gubernur Kepulauan Babel. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

 

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Kepulauan Babel, Eddy Iskandar mengatakan, belum ada jadwal pertemuan koalisi untuk membahas calon wakil bupati. 

"Belum ada, Golkar belum membicarakan soal itu, kalau nama-nama muncul silakan saja, dari semua orang dasarnya apa? apa melihat pengalaman, silakan saja," kata Eddy. 

Ia menambahkan, sebagai partai pengusung, Golkar juga memiliki hak untuk dapat mengajukan kader internal. 

"Sebagai partai pengusung punya hak yang sama dengan partai pengusung yang lain ada hak yang sama. Tetapi seperti apa, Golkar belum membahas terkait pengunduran diri Herry Erffian, belum ada membahas itu," katanya. 

Dikatakan Eddy, Koalisi Beriman belum melakukan pertemuan dan belum ada keputusan berkaitan nama calon yang akan mengisi kursi Wabup Bateng. 

"Bapak Herry ini kan baru mengajukan pengunduran, jangan terburu-buru, seperti tidak sabar ingin mengisinya. Kami juga mau mendengar suara masyarakat seperti apa, masyarakat juga punya hak, karena dahulu pasangan ini juga dipilih oleh masyarakat," tegasnya. 


Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

 

Eddy menambahkan, Golkar sejauh ini belum menentukan kader dan kriteria seperti apa yang cocok untuk mendampingi Bupati Bateng, Algafry Rahman. 

"Karena belum dibahas belum menuju kesana, tetapi nanti akan dilihat kriteria, baru ke orangnya. Yang pasti pertama bisa bekerjasama dengan bupati sudah pasti.  Kedua, memang menjadi kebutuhan daerah, karena masyarakat juga telah memilih pasangan ini. Bukan hanya diserahkan ke partai, dengan mengabaikan suara masyarakat," terangnya. 

 

Patrianusa Siap

Selain keempat nama, tersebut terdapat pula nama-nama yang terbaru yang bermunculan, seperti Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Babel Patrianusa Sjahrun, yang  menyatakan siap apabila mendapatkan perintah dari partai untuk mengisi kekosongan kursi wakil bupati. 

Nama Patrianusa sendiri, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Bateng dan kalangan politikus. 

 

Ia menegaskan, partai PAN yang masuk dalam koalisi Beriman akan mengajukan nama kadernya untuk menjadi calon Wakil Bupati Bateng nantinya. 

"Dari PAN belum diplenokan, kalau saya sendiri siap, kalau sudah perintah partai, karena kita ini pekerja partai," kata Patrianusa, Jumat (10/6/2022). 

Dikatakan Wakil Bupati Bateng periode 2010-2015 yang sempat mendampingi Erzaldi Rosman Djohan yang kala itu menjabat sebagai Bupati Bateng, semua partai yang masuk dalam Koalisi Beriman, memiliki peluang untuk mengajukan nama kadernya menjadi calon wakil bupati. 

"Semua partai koalisi punya peluang, tetapi Golkar kan sudah bupati, masa mau lagi. Kita partai akan mengajukan calon wabup juga, sekarang kita proses lewat partai siapa yang diusung, apabila nanti sudah ada pleno di partai. Nanti akan daftar kalau sudah dimulai," jelasnya. 

Patrianusa, tujuh partai koalisi Beriman seperti Nasdem, Golkar, PAN, PKB, Golkar, PKS dan PPP dapat bertemu untuk bermusyawarah dalam menentukan calon wakil bupati. 

"Ini sebenarnya partai koalisi harus bertemu, bagaimana, kalau tidak salah ada tujuh partai apakah mengirimkan semua kadernya. Tetapi kalau dari Golkar tidak mungkin, karena sudah ada bupati dari Golkar, jadi partai lain diharapkan mengisi kursi wabup," harapnya. 

Ia juga mengharapkan tidak ada keributan dan dapat dilakukan secara musyawarah dalam menentukan kader calon wakil bupati nantinya. 

"Partai koalisi yaang bermusyawarah tidak perlu ribut-ribut, tidak pragmatis, karena wakil bupati ini untuk membantu bupati menyelesaikan program bupati jangka pendek dan panjang. Dengan kehadiran wabup nanti diharapkan dapat bersinergi membantu menuntaskan program kerja," ujarnya.


Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut