get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Peran PPL dalam Meningkatkan Produktifitas Pertanian

Kamis, 16 September 2021 | 18:40 WIB
header img
Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian saat menghadiri konsolidasi dan sosialisasi PPL Kabupaten Bangka Tengah di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Koba. (Foto: istimewa)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Sektor pertanian di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), telah menjadi sektor andalan dalam peningkatan ekonomi masyarakat. 

Melihat hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah, terus membina para petani melalui peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), yang disebar ke seluruh desa dan kelurahan yang ada. 

Melalui dinas terkait, para PPL ini diberikan pembinaan, guna meningkatkan hasil pertanian para petani di daerah.

"Pertanian ini menjadi salah satu sektor yang kami fokuskan, dan menunjang perkekonomian kita di Kabupaten Bangka Tengah. Peran Penyuluh Pertanian ini, menjadi ujung tombak untuk menjadikan produksi pertanian semakin baik dan semakin unggul," ujar Wakil Bupati Bangka, Tengah Herry Erfian pada Kamis (16/09/2021).

Erfian mengungkapkan, melalui konsolidasi dan sosialisasi bersama para PPL, diharapkan dapat memotivasi para PPL, dalam menjalankan tugas di lapangan.

"Tentunya melalui konsolidasi ini, bisa menjadi fokus terkait tugas pokok PPL, dan para PPL ini kami harapkan tetap semangat menjalankan tugas di lapangan," ujar Erfian.

Diakuinya, saat ini jumlah tenaga PPL di wilayah Kabupaten Bangka Tengah masih kurang.

"Kendala kami memang kekurangan personil PPL, karena ada beberapa PPL ini mengakomodir dua desa. Jika memang satu PPL ini bisa mengakomodir satu desa, mungkin bisa  lebih fokus terhadap hasil pertanian di Desa masing-masing. Kedepan semoga ini akan kami upayakan, untuk meningkatkan hasil pertanian ini," ujarnya.

Erfian menuturkan, adanya kegiatan konsolidasi dan sosialisasi ini, dapat meningkatkan kualitas PPL bukan hanya fokus pengolahan hasil pertanian, tapi juga dalam penjualan atau manajemen pertanian.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut