get app
inews
Aa Read Next : Jalan Sehat KPU Bangka Barat Dikeluhkan, Warga: Ini yang Terburuk!

Jalan Sehat Kacau, Ketua KPU Babar Malah Tuding Kesalahan Ada di EO

Minggu, 29 September 2024 | 15:34 WIB
header img
Jalan Sehat KPU Bangka Barat dikeluhkan warga. Proses pembagian kupon dinilai semerawut. Sejumlah warga harus gigit jari tak kebagian kupon. Pihak KPU justru menyalahkan panitia. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Jalan sehat yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Minggu (29/9/2024) pagi kacau, banyak dikeluhkan warga dan dinilai semrawut. 

Ketua KPU Bangka Barat, Darjiyono lepas tangan dan mengatakan pihaknya sudah menyerahkan kegiatan itu kepada Event Organizer (EO) jauh-jauh hari.

"Itukan EO yang mengerjakan semua, meskipun mekanisme sudah kami jelaskan dari awal, pembagian kupon mesti sama dengan pembagian kupon di Kecamatan-Kecamatan lain. Kami tidak tau pas di lapangan beda yang dilakukan EO," katanya. 

Darjiyono mengatakan, kegiatan jalan sehat sukses dilakukan pada 5 Kecamatan lain di Kabupaten Bangka Barat, sebagai wadah sosialisasi Pilkada serentak tahun 2024. Namun berbeda dengan di Kecamatan Mentok.

"Kegiatan sudah kami amanahkan ke EO. Yang kita takutnya dengan pembagian seperti itu, akan memakan korban, karena berdesak-desakan. Kalau mekanisme kita di Kecamatan kemarin di susun rapi, kiri dan kanan. Jadi posisi teratur. Sudah mengambil langsung jalan," ujarnya. 

Menurut Darjiyono, memang ada perbedaan pada jalan sehat di Kecamatan Mentok kali ini. Namun hal tersebut sudah disepakati bersama saat rapat.

"Kalau sekarang ada dua titik, yang pertama pembagian kupon, kemudian penyobekan. Ini masyarakat sudah (kumpul) petugasnya belum ada. Terus digeser ke depan, karena sudah banyak yang lewat, supaya tidak putar balik. Sampai akhir malam tadi rapat, sudah oke semua, tapi ketika di lapangan seperti ini," ucapnya. 

Diberikan sebelumnya, untuk mendapatkan kupon warga harus berdesak-desakan. Salah satu warga Sungaibaru Kecamatan Mentok, Retno mengeluhkan acara yang diselenggarakan oleh KPU Babar itu.

"Kalau pembagian kupon seperti ini panitianya kurang profesional, masak pembagian kupon ngacir, kacau balau, jadinya," ujarnya.

Senada, Nur warga Puput Kelurahan Sungai Daeng juga mengeluh dan merasa kecewa dengan panitia pembagian kupon, lantaran seluruh keluarga yang ikut acara itu tidak mendapatkan kupon.

"Sudah capek capek, kupon habis kalau tau begini pembagian kupon, tidak mau pergi jalan santai, kasian juga anak dan cucu," ucapnya.

Tak hanya itu, Kamarudin, warga Tegalrejo juga mengaku selama mengikuti jalan sehat pembagian kupon peserta jalan sehat kali ini yang terburuk.

"Sering menggikuti Jalan Sehat, ini yang terburuk, pembagian kupon tidak jelas dimana pembagian kupon, dijalan, panitia kupon, loncat loncat. Semestinya satu tempat, dan ada pelindung atau garis batas, agar peserta tertib mendapatkan kupon, karena peserta disini banyak wanita , lansia dan anak anak juga balita," ucapnya.

Selain itu, Nurjanah sudah jauh-jauh dari Simpang Teritip untuk mengikuti jalan sehat KPU Babar, namun tak kebagian kupon.

"Kalau pembagian kupon yang tidak tertib seperti ini, yang dapat, dapat banyak, yang tidak dapat, gigit jari, kacaulah  seperti ini," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut