get app
inews
Aa Read Next : Pengabdian Masyarakat, Youth Activator Bawa Pemuda Indonesia dari Berbagai Provinsi ke Belitung

Menparekraf Sandiaga Uno Berikan ADWI kepada Desa Keciput Belitung

Kamis, 05 September 2024 | 21:42 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan ADWI 2024 kepada Desa Keciput Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Foto: Istimewa.

BELITUNG, Lintasbabel.iNews.id - Desa Keciput Kecamatan Sibuk, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

ADWI diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Berlokasi di pesisir pantai, keindahan wisata Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, tentunya tidak perlu diragukan lagi.

Wisatawan yang datang pun hilir mudik ke destinasi wisata yang ada di desa tersebut.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) telah dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun. Hingga saat ini sudah ada 175 desa wisata terbaik yang telah mendapatkan penghargaan.

Tahun 2024 ini, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kembali diselenggarakan dengan mengangkat tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia.

Adapun lima Kategori Penilaian ADWI, diantaranya Daya Tarik Desa Wisata, Amenitas, Digital, Kelembagaan dan SDM, serta esiliensi.

Salah satu kawasan yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah wisata Pantai Tanjung Kelayang yang terletak di Dusun Tanjung Kelayang Desa Wisata Keciput. Tanjung Kelayang juga merupakan Ikon Desa Wisata Keciput. 

Ada banyak keunggulan wisata yang disajikan oleh Desa Wisata Keciput, sehingga para wisatawan bisa mencoba beraneka ragam jenis wisata yang ditawarkan. 

Pada tahun 2020-2021 Desa Wisata Keciput hanya terkenal dengan Wisata Baharinya, maka pada tahun 2022 Desa Wisata Keciput menawarkan berbagai macam wisata baru seperti, wisata bahari unggulan, wisata edukasi penyu dan madu trigona/nirun, wisata kuliner, wisata budaya dan wisata sejarah.   

Dengan adanya kekayaan alam yang melimpah di Desa Wisata keciput yang selalu menyuguhkan keindahannya menjadi dasar bagi masyarakat untuk bermata pencaharian di bidang pariwisata dari segi kuliner, atraksi seni, atraksi alam dan budaya. Sehingga hal tersebut bisa dimuat dalam sebuah paket desa wisata.

"Belitung ini targetnya wisata berkualitas, dan berkelanjutan. Kualitas udara sangat baik, bearti yang datang ke sini itu bukan yang berbondong-bondong tapi wisata khusus pencinta alam, pecinta budaya, olahraga dan wisata minat khusus, sehingga kami berencana menarik wisatawan Nusantara dan mancanegara," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno. 

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Menurutnya wisata yang ada di Desa Keciput sudah sangat ideal sekali, masyarakat mendukung, home stay juara.

"Ini sudah ideal jangan diubah-ubah lagi, beberapa kali saya kesini, dan saya sangat aenang sekali akhirnya Desa Keciput mendapat ADWI," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut