get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

40 Pemandu Wisata Alam Bangka Tengah Terima Sertifikat Kompetensi

Rabu, 28 Juli 2021 | 17:22 WIB
header img
Penyerahan sertifitas Pendamping wisata alam. (Foto: lintasbabel.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Sebanyak 40 orang pemandu wistata alam di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terima sertifikasi kompetensi, Rabu (28/7/2021). Mereka merupakan pengelola sejumlah destinasi wisata di daerahnya.

"Jadi sejak kemarin kami sudah melakukan pendataan, di mana ada 40 pemandu wisata kita ini sudah mendapatkan sertifikat, yang mana sertifikat ini adalah sertifikat yang diakui oleh seluruh negara dengan skala Internasional. Jadi mereka ini punya hak untuk memandu wisata," ujar Kepala Disbudparpora Kabupaten Bangka Tengah, Zainal.

Selain penyerahan sertifikat, pada kesempatan ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bangka Tengah sekaligus mengelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata, di Hotel Grand Vella Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Rabu (28/7/2021).

"Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menunjang dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya pada bidang pariwisata. Dimana selain di latih keterampilan. Mereka juga diharap mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan sebagai seorang pendamping wisata yang baik bagi semua wisatawan yang datang," ujarnya.

Sementara itu, staf ahli pengembangan SDM Daerah Bangka Tengah, Pittor mengungkapkan, pariwisata menjadi sektor prioritas yang mendukung pembangunan Indonesia.

"Sektor pariwisata ini sangat penting sekali, di mana pesona pariwista di Kabupaten Bangka Tengah perlu dikelola, dikembangkan dan dirawat semua pihak, termasuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kompetensi para pelaku pariwisata dengan memfasilitasi pelatihan ini,"ucapnya.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut