get app
inews
Aa Read Next : Etika Lingkungan dan Tanggung Jawab Moral dalam Aksi Bersih Pantai Temberan Mahasiswa Hukum UBB

Klinik Karya Tulis Mahasiswa FH UBB Beri Pembekalan Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Jum'at, 23 Juni 2023 | 09:46 WIB
header img
Seminar Klinik Karya Tulis Mahasiswa FH UBB. Foto: Istimewa.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (FH UBB) mengadakan kegiatan workshop seminar Klinik Karya Tulis Mahasiswa (KANALISA) dengan tema, “Kiat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Hukum”, yang bertempat di Swiss Bel Hotel pada Rabu, 21 Juni 2023. Kegiatan ini menjadi kegiatan workshop seminar pertama yang berkolaborasi antara Komunitas Pusat Informasi dan Komunikasi Hukum Mahasiswa (K-PIKHM) dan Laboratorium FH UBB


Seminar Klinik Karya Tulis Mahasiswa FH UBB. Foto: Istimewa.
 

Kegiatan tersebut diawali oleh sambutan dari Dekan FH UBB, Dr. Derita Prapti Rahayu, S.H., M.H. dan dihadiri oleh narasumber utama yaitu, Runi Alcitra Amalia, S.Sos pustakawan Dinas Kearsipan Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Uswatun Nurul Afifah, S.ST statistisi muda Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Dr..Faisal, S.H., M.H. yang mewakili dosen Magister Hukum UBB. 

Peserta pada kegiatan workshop tersebut diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa dari jenjang sarjana hingga magister hukum serta perwakilan dari berbagai organisasi mahasiswa. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini ialah sebagai sarana belajar dan meningkatkan ilmu bagi para mahasiswa dalam membuat suatu karya ilmiah. Karya tulis ilmiah menjadi salah satu hal penting yang harus dibuat oleh mahasiswa pada jenjang perkuliahan. 

Karya tulis ilmiah dikatakan menjadi salah satu syarat dalam mencapai akreditasi yang baik bagi suatu perguruan tinggi sehingga menjadi penting untuk dibuat baik oleh para dosen hingga ke mahasiswa. Output dari kegiatan ini diharapkan kelak akan menciptakan mahasiswa yang nantinya mampu untuk membuat suatu karya-karya tulis ilmiah yang baik dan dapat menjadi penunjang bagi kampus dalam meningkatkan akreditasi dan meningkatkan sarana baca mahasiswa kedepannya. 

Kegiatan ini bertujuan sejalan untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa melalui kegiatan workshop ini, dimana nantinya melalui kegiatan ini akan diberikan kiat-kiat penulisan karya ilmiah yang baik oleh narasumber serta tips dan cara memulai suatu penulisan karya ilmiah sehingga mahasiswa akan memiliki dasar pengetahuan untuk memulai praktek penulisan karya tulis ilmiah. 

Pustakawan memberikan materi bagaimana teknis pra penulisan, membuat kata kunci yang baik hingga digitalisasi karya ilmiah. Dosen menyampaikan pentingnya menulis khusunya jurnal menjadi bagian membangun portofolio masa depan. Terakhir statistisi memberikan pandangan dalam karya ilmiah hukum menggunakan data kuantitatif. 

Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi para mahasiswa semester akhir yang kelak nantinya akan menempuh penulisan skripsi, dimana workshop ini memberikan pedoman dasar atau arah untuk menuliskan skripsi dengan baik sehingga para mahasiswa mendapatkan petunjuk dan tidak mengalami kendala yang sama pada penulisan skripsi. 

Kegiatan workshop ini berjalan lancar dari awal hingga akhir disertai dengan antusiasme para peserta kegiatan. Pada akhir acara kemudian ditutup oleh ketua K-PIKHM dengan harapan kegiatan ini kelak akan memberikan manfaat yang baik bagi setiap peserta yang hadir sehingga mampu memberikan hasil yang diharapkan. (**) 

 

Artikel ini ditulis oleh Briely Daffa Aufan (FH UBB). 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut