get app
inews
Aa Read Next : Liverpool Ditahan Manchester United, Arsenal Curi Puncak Klasemen

Siapa Pemilik Manchester United? Siap Dilego Minimal Rp109 Triliun

Sabtu, 25 Februari 2023 | 16:18 WIB
header img
The Glazer dikabarkan siap menjual Manchester United, usai mendapat desakan dari fans yang meminta pemilik sekarang mundur. Beberapa penawaran sudah masuk. Siapa pemilik Manchester United selanjutnya? Simak ulasannya berikut ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Manchester United? Mungkin pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh publik, yang penasaran dengan salah satu klub elite yang berlaga di Liga Primer Inggris.


Old Trafford, markas Manchester United. Foto: Net.
 

Belakangan beredar rumor, bahwa Setan Merah siap dilego oleh Keluarga Glazer, pemilik saat ini. Kabar itu diumumkan pihak keluarga pada November 2022 lalu. Keluarga Glazer memasang tarif 6-9 miliar Poundsterling bagi siapa saja yang berminat mengambil alih MU.

Hanya berselang dua minggu usai pengumuman tersebut, saham Setan Merah langsung meroket 74 persen. Alasan The Glazer menjual MU karena kencangnya desakan para fans, yang meminta Keluarga Glazer mundur lantaran tidak mampu membangkitkan reputasi MU di laga domestik dan internasional.

Beberapa pihak sudah melayangkan minatnya untuk membeli klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Mereka diantaranya Sir Jim Ratcliffe seorang crazy rich Inggris, pemilik perusahaan kimia INEOS. 

Selain Sir Jim, ada Konsorsium asal Qatar dibawah komando Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, yang juga tertarik dengan Setan Merah. Jassim diketahui sebagai seorang politisi dan putra mantan Perdana Menteri Qatar, Hamad bin Jassim Al Thani. Kekayaan bersih Jassim lebih dari 1 miliar Pound.

Bos Tesla dan Twitter, Elon Musk juga dikabarkan tertarik membeli MU dengan nilai penawaran 4,5 miliar Pound (setara Rp83 triliun).

Pergantian siapa si pemilik baru MU, rencananya akan dirilis pada Maret 2023 mendatang.

Hanya saja, dilansir dari Manchester Evening News, rencana penjualan MU sedikit akan menemui jalan terjal. Pasalnya, dua anak Malcolm Glazer, yakni Avram dan Joe Glazer tidak mau melepas begitu saja MU kepada pihak luar. Padahal 4 anggota Keluarga Glazer lainnya sudah sepakat untuk melego MU.

Akibatnya, saham United awalnya berada di angka $25,55/£21,08 di NYSE pada awal perdagangan Selasa (21/2/2023), lalu merosot ke angka $24,27/£20,02 dalam waktu 30 menit. Kemudian terjadi sedikit 'rebound' tak lama setelah itu, tetapi kembali jatuh ke angka $24,10/£19,88 sekitar pukul 11 pagi waktu New York sebelum anjlok lebih dalam di bawah $24/£19,80.

Siapa Pemilik Manchester United

Saat ini Manchester United masih dimiliki oleh Keluarga Glazer. MU dibeli Keluarga Glazer pada tahun 2005 senilai 790 juta Pound, dari Raja balap Irlandia, J.P. McManus dan John Magnier.

Pada 2018, nilai valuasi MU sudah tembus 4,3 miliar dolar AS.

Mancester United didirikan pada tahun 1878 sebagai klub sepak bola Newton Health LYR, yang mendapat suntikan dana dari Lancashire dan Yorkshire Railway. Tahun 1892 klub berubah menjadi perusahaan Perseroan Terbatas.

Tahun 1902, Newton Health LYR berganti nama menjadi Manchester United, dengan investor baru yakni John Henry Davies bersama 4 pengusaha lokal Inggris kala itu.

Tahun 1931, James W. Gibson mengambil alih MU yang kala itu tengah mengalami resesi. Lantas Louis Edwards, di tahun 1958 membangun kembali klub, serta mengambiol alih sahamnya pada 1964.

Tahun 1991, saham MU melantai untuk pertama kalinya di London Stock Exchange (LSE). 

Pada 2001, J.P. McManus dan John Magnier membeli saham MU. Hingga akhirnya pada 2005, saham itu jatuh ke tangan Keluarga Glazer hingga saat ini.

Sayang, 18 tahun mengurus klub raksasa MU, tak membuat para fans seanng. Terlebih beberapa tahun terakhir, MU tak mampu memberikan gelar yang diharapkan publik. Desakan pun kian kuat agar The Glazer mundur.

Sejumlah penawaran sudah masuk ke internal Keluarga Glazer. Peluang terbesar milik orang kaya di Inggris, Jim Ratcliffe dan sultan asal Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani.

TMW pada Jumat (27/1/2023) melaporkan, jika Jim saat ini sudah sangat dekat mencapai kesepakatan dengan keluarga Glazer soal pembelian saham mayoritas MU.

Hanya saja, belakangan muncul kabar 2 anak anak Malcolm Glazer, yakni Avram dan Joe Glazer tidak mau melepas begitu saja MU kepada pihak luar. Padahal 4 anggota Keluarga Glazer lainnya sudah sepakat untuk melego MU.

Menarik untuk terus disimak, akan kemana Setan Merah berlabuh.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut