Logo Network
Network

Cara Mengatasi Memori Penuh, Jangan Buru-Buru Reset HP

Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 01:27 WIB
Cara Mengatasi Memori Penuh, Jangan Buru-Buru Reset HP
Cara mengatasi memori penuh dapat Anda pelajari dari artikel di bawah ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Cara mengatasi memori penuh di handphone atau smartphone, bisa Anda simak pada artikel berikut ini. Memori HP penuh kadang membuat penggunanya merasa jengkel, padahal tidak ada APK atau aplikasi berukuran besar yang diinstal.

Memori HP sendiri terbagi menjadi dua, yakni RAM dan ROM. RAM atau Random Access Memory adalah memori bawaan yang sudah melekat pada HP. RAM adalah memori utama HP untuk menyimpan data aplikasi yang dijalankan untuk diproses oleh prosesor utama.

Sementara ROM atau Read Only Memory, adalah media penyimpanan internal (storage) berupa chip memori yang tertanam secara terpisah di mainboard HP.

Istilah ROM mengacu pada jenis penyimpanan yang setelah ditulis (diprogram) tidak bisa lagi ditulis data lain sehingga hanya dapat dibaca (read only), seperti misalnya DVD-ROM atau chip ROM di cartridge konsol video game. 

ROM merupakan salah satu aspek terpenting pada sebuah smartphone. Di sinilah kamu bisa menyimpan beragam file, mulai dari aplikasi, game foto, video, hingga lagu.

Selain memori internal tersebut, sejumlah pengguna HP juga terkadang menambahkan memori eksternal yang dikenal dengan nama Micro SD. Memori ini dapat dibeli bebas di pasaran dengan beragam ukuran kapasitasnya.

HP yang tidak memakai memori eksternal pada suatu waktu akan menemui puncak pemakaian alias penuh. Disaat seperti ini, tentu akan menghambat penggunanya dalam mengakses perangkat. Penyebabnya pun beragam, apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Penyebab Memori Penuh

Penyebab memori penuh karena data yang tersimpan di HP sudah melewati batas kapasitas memori. Produsen smartphone biasanya mengeluarkan memori internal dengan kelipatan 4, yang terkecil adalah 32GB (Gigabyte). Memori jenis ini terdapat di smartphone entry-level. Dan yang paling besar adalah 512GB pada HP kelas flagship.

Adapun penyebab memori penuh adalah:

-Menginstal APK atau aplikasi dengan ukuran besar
-Merekam video dengan resolusi tinggi sehingga ukuran datanya jadi besar
-Jarang membersihkan hidden file atau cache
-Penyimpanan media dari aplikasi medsos masih otomatis

Setelah mengetahui penyebab memori penuh, berikut ini cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Memori Penuh

1. Pakai Memori Eksternal

Cara mengatasi memori penuh yang paling mudah adalah dengan memakai memori eksternal, Micro SD. Hanya saja, saat ini tidak semua Android dan iPhone yang menyematkan slot memori eksternal. Namun, jika Anda memiliki slot memori eksternal di perangkat, belilah beli microSD berukuran minimal 1TB (TeraBytes) agar memori tidak cepat penuh.


2. Tidak Sembarangan Menginstal Aplikasi/ APK

Penyebab utama memori penuh adalah ukuran file aplikasi atau APK yang terlalu besar, seperti game-game online yang memiliki ukuran besar yang dapat menyedot ruang penyimpanan.

Karenanya, pastikan Anda menginstal APK yang memang dibutuhkan untuk aktivitas yang mendukung keseharian Anda.

 

3. Hapus Aplikasi dan Game yang Tidak Dibutuhkan

Jika Anda sudah terlanjur menginstal aplikasi atau game berukuran besar, ada baiknya Anda menghapusnya, agar kelegaan memori di perangkat Anda dapat terjaga.


4. Matikan Opsi Update Otomatis Google Play Store

Untuk pengguna Android, Google Play Store menyediakan fitur update APK otomatis, dengan alasan agar agar para penggunanya tidak perlu repot lagi membuka Google Play Store untuk melakukan update data terbaru.

Hal ini tentu saja akan membuat memori cepat penuh. Solusinya adalah mematikan fitur update otomatis tersebut, dan Anda dapat mengatur sendiri kapan harus melakukan update.

 

5. Bersihkan Cache atau Junk File Secara Rutin

Cache atau Junk File kerap disebut sebagai ancaman "tak terlihat" yang tiba-tiba membuat memori penuh, padahal tidak ada aplikasi yang berukuran besar terinstal.

Data sampah ini biasanya tidak memiliki ukuran file yang besar, namun jumlahnya sangat banyak dan terus menumpuk jika tidak rutin dibersihkan. Ujung-ujungnya adalah memori cepat penuh. Berikut ini cara membersihkannya:

-Buka menu Pengaturan
-Masuk ke menu Apps
-Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
-Klik Clear Cache pada menu App Info.

6. Pakai Aplikasi Cleaner dan Antivirus

Cache atau junk file juga bisa dibersihkan lewat aplikasi cleaner dan antivirus. Anda dapat memilih beberapa aplikasi yang sudah disediakan secara resmi di PlayStore. Beberapa aplikasi cleaner berfungsi untuk membersihkan RAM supaya tetap bisa digunakan untuk multitasking.

 

7. Hapus/ Pindahkan Foto dan Video yang Tidak Diperlukan

Mengambil gambar foto dan video saat ini sudah menjadi kebiasaan para pengguna gadget. Padahal, foto dan video tersebut menjadi salah satu penyebab memori cepat penuh. Terlebih jika resolusi gambar yang diambil sangat tinggi.

Penggunaan beragam efek seperti night mode, sebaiknya dihindari jika sedang mengambil gambar. Pilihlah beberapa gambar yang kurang baik untuk segera dihapus.

 

8. Backup File ke Google Drive atau PC/laptop

Beberapa file atau gambar yang tersimpan di HP terkadang masih diperlukan oleh penggunanya. Untuk itu, Anda dapat menyimpannya atau memindahkannya ke perangkat lain seperti Google Drive atau PC/Laptop.

 

9. Matikan Auto-download Media di WhatsApp

WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan atau chatting pengguna HP di Indonesia. Namun, aplikasi ini memiliki masalah salah satunya dapat menyebabkan memori cepat penuh, karena aplikasi ini terdapat fitur auto download, artinya file seperti video atau gambar yang diterima dapat langsung terinstal ke HP Anda. Cara mengatasinya adalah mematikan fitur download otoamtis di WA.

 

10. Hapus Data YouTube

Tak cuma WA, YouTube juga menyediakan fitur offline untuk menghemat kuota streaming. Sayangnya, fitur ini dapat membuat memori HP cepat penuh, terlebih jika video offline YouTube itu berkualitas HD 1080p. Berikut cara menghapus data video offline di YouTube:

-Buka APK YouTube
-Buka menu Profil
-Buka Setelan > Unduhan > Hapus Unduhan

11. Biasakan Streaming Video atau Musik Ketimbang Mengunduh

Ketimbang membuka video atau musik secara offline, Anda sekarang harus membiasakan diri untuk melakukannya secara streaming. Cara ini bisa menjadi pertimbangan agar memori hp tidak ceapt penuh. Hanya saja pulsa internet Anda akan cepat terkuras tentunya.

 

12. Hapus Aplikasi Bloatware

Bloatware atau aplikasi bawaan pada HP juga salah satu penyebab memori penuh. Jumlahnya cukup banyak dan rata-rata tidak memiliki fungsi yang berguna bagi gadget Anda.

 

13. Factory Reset

Cara ini dilakukan jika Anda tidak mau ribet memilik file sampah yang jumlahnya banyak. Ini merupakan langkah terakhir, karena perangkat Anda akan kembali ke setelan awal seperti saat pertama kali membeli HP baru. Catatannya adalah semua file termasuk nomor kontak di HP akan terhapus. Bijaklah jika harus menggunakan cara yang satu ini.

Cara factory reset bisa Anda ikuti seperti berikut ini:

-Buka menu pengaturan HP.
-Pilih opsi About atau Tentang.
-Cari dan pilih menu Setelan pabrik atau Factory reset.

Itulah tadi cara mengatasi memori penuh, semoga bermanfaat!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini