get app
inews
Aa Read Next : Tim SAR Temukan Jasad ABK KM Surya Hasil Laut-22 yang Terbakar di Perairan Pulau Dua Tanjung Pinang

Update Kapal TB Muara Sejati Kirim Sinyal Bahaya: 4 Kru Ditemukan di Wilayah Tanjung Binga Belitung

Senin, 02 Januari 2023 | 08:15 WIB
header img
Tim SAR gabungan saat memeriksa liferart yang digunakan korban kru TB Muara Sejati, untuk menyelamatkan diri, hingga sampai pantai Tanjung Binga, Belitung, Senin (2/1/2023). Foto: istimewa/ dok Basarnas Belitung.

BELITUNG, Lintasbabel.iNews.id - Empat orang kru kapal TB Muara Sejati yang sempat mengirimkan distress alert (sinyal bahaya) di wilayah Selat Karimata pada pada Sabtu (31/12/2022) lalu, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di sekitar perairan Laut Tanjung Binga, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Senin (2/1/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh Danpos SAR Belitung, Syah Putra saat dihubungi wartawan.

 
Keempat korban, saat ini sudah Tim SAR Gabungan evakuasi ke Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga Belitung.
 
Sementara itu, Kepala Basarnas Bangka Belitung (Babel), I Made Oka Astawa, menyampaikan hari ini tanggal 2 Januari telah ditemukan 4 orang kru yang terdiri dari nahkoda, masinis, kemudian juru mudi dan oiler dalam kondisi selamat. 

"Informasi yang kami dapatkan di awal, bahwa kondisi TB tersebut pada saat kejadian tenggelam, dalam hitungan menit tenggelam, kemudian kru menyelamatkan diri masing-masing sehingga mereka menemukan lifecraft, di daerah posisi TB tenggelam," ujar Oka, Senin (2/1/2023).

Tim SAR gabungan di Belitung menemukan lifecraft, yang hanyut di Tanjung Binga. Oka menjelaskan, informasi dari rekan-rekan Tagana diteruskan ke posar yang ada di Tanjungpandan Belitung.

Kemudian tim SAR gabungan berupaya untuk mengevakuasi keempat korban TB Muara sejati dalam kondisi selamat.

"Saat ini keempat kru yang selamat di evakuasi ke Puskesmas pariwisata di Tanjung Binga Belitung. Sampai saat ini untuk perkembangan lebih lanjut akan kami informasikan lebih lanjut," ucapnya.

Sebelumnya diketahui, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima 13 kali pacaran Sinyal Marabahaya dari kapal TB Muara Sejati, pada Sabtu (31/12/2022) lalu. Kapal bermuatan batu bara itu diawaki 10 orang ABK. 

Kepala Basarnas Bangka Belitung (Babel), I Made Oka Astawa, mengatakan sebelumnya sebanyak 13 kali Local User Terminal (LUT) Basarnas menerima informasi pancaran sinyal distress alert kapal TB Muara Sejati dari tanggal 30 Desember 2022 Pukul 06.38 WiB hingga 10.25 WIB lalu.

Perlu diketahui LUT (Local User Terminal), merupakan ground segment dari COSPAS-SARSAT yang berfungsi untuk menerima sinyal dari satelit untuk memperhitungkan posisi distress alert yang dipancarkan oleh Beacon (ELT, EPIRB dan PLB).

"Tugboat Muara Sejati dengan Call Sign YD6120 berwarna Putih Biru yang menggandeng Tongkang Ketapang 1 bermuatan batu baru berangkat dari palembang pada tanggal 25 Desember 2022 menuju Pelabuhan Sanggau Pontianak," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut