get app
inews
Aa Read Next : BLA Desa Terentang Bangka Tengah Sukses Panen 700 Kg Udang Vaname

Mampu Eksis Selama 22 Tahun, Gubernur Babel Kagumi Tambak Udang Indocom Lampung

Kamis, 24 Juni 2021 | 13:10 WIB
header img
Gubernur Babel Erzaldi Rosman (bertopi) berdialog dengan jajaran direksi PT Indocom Samudra Persada di lokasi tambak udang Vaname, Lampung.

LAMPUNG, lintasbabel.id - Tambak udang Vaname milik PT. Indocom Samudra Persada yang berada di Desa Seribu, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, membuat kagum Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. Kekaguman Erzaldi lantaran tambak ini mampu bertahan hingga 22 tahun masih berproduksi.

Gubernur Erzaldi bahkan sampai mengajak Direksi PT Indocom Samudra Persada untuk meninjau lokasi tambak secara langsung, Rabu, (23/5/2021). 

Di areal seluas 100 hektar itu, gubernur dengan semangat berkeliling sambil melihat pengelolaan tambak beserta Instalasi Pengolahan Air Limbah(IPAL) yang dikelola dengan baik. 

"Hari ini saya meninjau tambak udang yang sudah 22 tahun berproduksi dan masih bertahan," ungkapnya.

Perusahaan ini, kata Gubernur hanya memikirkan hasil produksi semata, melainkan kelestarian lingkungan juga terjaga dengan pengelolaan limbah yang baik. 

Gubernur yakin dengan pengelolaan limbah yang baik, maka dengan sendirinya produksi akan meningkat dan berkelanjutan, mampu bertahan hingga jangka panjang. 

Inilah yang akan diterapkan dan menjadi percontohan bagi usaha tambak udang di Bangka Belitung, yang diyakini memiliki prospek yang bagus ke depannya. 

"Mari kita kelola tambak dengan baik dan benar. Selain hasil produksi yang tinggi juga menjaga kelestarian serta berkelanjutan. Tidak hanya bagi perusahaan saja tetapi juga termasuk program food estate melalui pembinaan tambak masyarakat," harapnya. 

Pengelolaan dengan memperhatikan air yang masuk (Inlet) maupun air keluar (outlet) dengan instasi IPAL, konstruksi yang baik hingga pembudidayaan yang baik senantiasa harus dilakukan. 

Sementara itu Ayub Bahar, salah satu pemilik tambak yang juga sekaligus Direksi PT Indocom Samudra Persada menjelaskan bahwa, tambak udang ini didirikan sejak tahun 1998. Sejak tahun 2002 hingga sekarang, udang jenis Vaname dibudidayakan di tambak ini. 

Yang membuat tambak ini terus berproduksi dijelaskannya adalah konsep yang diakui secara internasional yaitu inlet, outlet, konstruksi, dan budi daya yang benar.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut