get app
inews
Aa Read Next : 15 Makanan Khas Bangka Belitung, Nomor 13 Paling Banyak Disukai Anak Tongkrongan

Pemilik Es Teh Indonesia, Franchise Bermodal Rp150 Juta untuk 1 Outlet

Jum'at, 25 November 2022 | 19:40 WIB
header img
Pemilik Es Teh Indonesia, Haidhar Wurjanto. Foto: dok. twitter @haidharwurjanto/

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Es Teh Indonesia, bisnis kuliner kekinian yang memiliki omset hingga puluhan miliar rupiah. Kisah sukses pendiri Es Teh Indonesia akan kita bahas dalam artikel ini. Menariknya, hanya berbisnis franchise minuman khas Indonesia saja, pemiliknya bisa meraup omset hingga Rp37 miliar rupiah.

Haidhar Wurjanto, adalah sosok dibalik kesuksesan Es Teh Indonesia. Pemuda asal Kota Hujan Bogor ini adalah pendiri sekaligus CEO Es Teh Indonesia sebelum akhirnya dimiliki oleh istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina

Es Teh bagi sebagian kita mungkin adalah minuman "receh" ataupun berbisnis Es Teh adalah hal yang biasa saja. Berbeda dengan Haidar.

Dikisahkan Haidhar, dirinya sudah mulai menekuni bisnis sejak duduk di bangku SMA hingga kuliah. Kala itu dia berjuaalan pulsa, aksesoris BlackBerry (BB), masakan Jepang, hingga nasi goreng gerobak.

Alhasil, kini Haidhar telah sukses mengembangkan bisnisnya hingga membuka 500 lebih gerai di seantero Tanah Air. Kisah sukses Haidhar tersebut berawal dari sebuah pameran di Kemang Village, Jakarta pada tahun 2018 lalu. Dirinya kala itu menyewa sebuat booth kecil untuk memulai bisnisnya. Modal awalnya hanya Rp5 juta saja.

Keputusan Haidhar untuk bisnis es teh terbilang cukup jeli dalam melihat peluang. Es teh yang dia jual memiliki harga terjangkau dan mayoritas disukai oleh banyak orang. Berawal dari hal sederhana, Haidhar mampu membangun gurita bisnisnya di Indonesia.

Riset pasar yang dia lakukan juga sangat jeli. Pasalnya, dirinya melihat bahwa minuman paling banyak yang di pesan baik di restoran, kafe, dan tempat makan lainnya mayoritas adalah es teh. Meskipun banyak daftar minuman dalam menu, namun dirinya melihat bahwa es teh adalah primadonanya.

Es teh Indonesia pun semakin menunjukkan perkembangannya. Penghasilannya dari bisnis itu semakin meningkat hingga pernah mencapai Rp150 juta per bulan. Atas pertimbangan itu, Haidhar memutuskan membuka cabang dan membangun kemitraan.

 


Nagita Slavina menjadi CEO Es Teh Indonesia. Foto: Okezone.com/Instagram.

 

Sampai saat ini Es Teh Indonesia sudah mendapatkan rata-rata penjualannya berkisar Rp100 juta-Rp150 juta per bulannya. Secara keseluruhan omzet yang didapatkan mencapai Rp25 miliar-Rp37 miliar per bulan dari seluruh cabang yang ada di Tanah Air. 

Varian rasa yang disuguhkan Es Teh Indonesia terdapat 22 macam dengan topping yang berbeda-beda. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 sampai Rp32.000.

Pada 14 Juli 2022, perusahaan yang menaungi Es Teh Indonesia, PT Esteh Indonesia Makmur resmi mengangkat Nagita Slavina menjadi CEO perusahaan. Istri Raffi Ahmad tersebut menggantikan posisi Haidhar yang sebelumnya memimpin perusahaan itu. 

Manajemen berharap Es Teh Indonesia bisa berkembang dengan pesat dibawah arahan Nagita Slavina. Sayangnya, setelah Nagita Slavina belum lama jadi CEO Es Teh Indonesia, ada pelanggan yang memprotes minuman itu.

Kritikan tersebut datang dari akun Twitter bernama @Gandhoyy yang menyebutkan satu varian minuman dari Es Teh Indonesia yang terlalu manis hingga menyebutkan bisa menyebabkan diabetes.

Tak hanya itu, netizen ini juga menyebutkan kandungan pemanis yang di minuman tersebut sangat berlebihan.

Namum, akun @Gandhoyy itu kemudian viral dan sampai ke manajemen Esteh Indonesia. Pihak manajemen kemudian membalasnya dengan menyebutkan bahwa kicauan tersebut sudah diterima oleh tim legal pihaknya.

Meskipun terdapat lika liku dalam berbisnis Haidhar tetap tekun dan merespon segala kritikan dan masukan dari konsumennya. harapannya, kedepan produk Es Teh Indonesia bisa lebih baik lagi, sesuai dengan harapan para konsumen setianya.

Es Teh Indonesia sendiri, per tahun ini setidaknya sudah memiliki 504 kebun (sebutan untuk outlet), dimana 278 unit tersebar di luar Pulau Jawa, dan sisanya di Pulau Jawa.

Nah, Anda yang tertarik untuk bergabung di Es Teh Indonesia sebagai pemilik outlet, Anda bisa membuka franchise dengan modal yang masih terjangkau. Harga franchise Es Teh Indonesia berkisar Rp130 - Rp150 juta. Modal segitu Anda sudah mendapatkan lisensi dan berbagai kebutuhan untuk membuka gerai. Namun, belum termasuk biaya booth atau gerainya.

Itulah pemilik Es Teh Indonesia, bisnis franchise dengan modal Rp150 juta. Anda tertarik menjadi salah satu pemilik outletnya?

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman iNews.id dengan judul "Siapa Pemilik Es Teh Indonesia? Franchise Beromzet Puluhan Miliar"

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut