get app
inews
Aa Read Next : Klinik Karya Tulis Mahasiswa FH UBB Beri Pembekalan Teknik Penulisan Karya Ilmiah

5 Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru 2022

Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:46 WIB
header img
Contoh kata pengantar makalah banyak dicari pelajar dan mahasiswa untuk memudahkan mengerjakan sebuah karya tulis ilmiah. Foto: net

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Contoh kata pengantar makalah banyak dicari pelajar dan mahasiswa untuk memudahkan mengerjakan sebuah karya tulis ilmiah. Kata pengantar makalah menjadi penting dan wajib bagi penulisnya, sebagai pembukaan dalam pembuatan karya ilmiah atau makalah.

Kata pengantar sendiri merupakan sebuah bagian dari makalah atau karangan yang berisi mengenai alasan mengapa sebuah karangan atau makalah dibuat sang penulis. 

Lalu, seperti apa contoh kata pengantar makalah? Berikuti ini contoh-contohnya yang bisa kamu dapat dari artikel ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah

 

 

Contoh kata pengantar makalah 1

KATA PENGANTAR

Puja-puji dan syukur kami panjatkan pada Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami memohon pertolongan. Tidak lupa shalawat serta salam kami haturkan pada junjungan nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW. Risalah beliau lah yang bermanfaat bagi kita semua sebagai petunjuk menjalani kehidupan.

Dengan pertolongan-Nya, saya dapat menyelesaikan makalah berjudul “Dampak pertambangan timah terhadap biota laut di Kota Pangkalpinang”. Pada isi makalah akan diuraikan bagaimana tahapan-tahapan dalam penelitian sejarah dari mulai penentuan topik hingga ke penulisan sejarahnya.

Makalah “Dampak pertambangan timah terhadap biota laut di Kota Pangkalpinang” disusun sebagai tambahan materi bagi siswa kelas X Mipa di SMA Negeri 2 Kota Pangkalpinang dan juga sebagai syarat mendapatkan nilai akhir semester mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca agar perbaikan dapat dilakukan sangat diharapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para siswa umumnya dan saya pribadi khususnya.

Pangkalpinang, ………………..


Penulis

Contoh kata pengantar makalah 2

    KATA PENGANTAR

    Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah, rahmat, karunia dan ridho-Nya, tim peneliti dapat menyelesaikan Laporan Hasil Penelitian yang berjudul: “Dampak Full Day School Bagi Siswa SMA Sederajat di Bangka Belitung”

    Laporan Hasil Penelitian ini disusun sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban ilmiah atas kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti Kelompok Dosen di lingkungan Universitas Bangka Belitung.

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Bangka Belitung Nomor : 12 Tahun 2022 tentang Penunjukan Dosen Peneliti pada Kegiatan Penelitian Mandiri dan Kelompok Universitas Bangka Belitung Tahun 2022.

    Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

    - Yth. Bapak Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Bapak Ibrahim yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada peneliti untuk melakukan penelitian tentang “Dampak Full Day School Bagi Siswa SMA Sederajat di Bangka Belitung”

    - Yth. Bapak Wakil Rektor UBB atas kepercayaan dan dukungan kepada peneliti untuk melakukan penelitian ini.

    - Yth. Bapak Kepala Lembaga Penelitian UBB beserta unsurnya yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada peneliti untuk melakukan penelitian ini.

    - Bapak/Ibu para dosen senior dan rekan-rekan sejawat di UBB yang telah memberikan dorongan dan dukungan kepada peneliti untuk melakukan penelitian ini.

    Akhirnya, peneliti mengharapkan agar laporan hasil penelitian ini dapat memenuhi fungsinya sebagai khazanah ilmu pengetahuan. Peneliti menyadari pula bahwa laporan hasil penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan.

    Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif dari para pembaca sangat diharapkan, guna perbaikan dan penyempurnaan laporan hasil penelitian ini. Peneliti tak lupa menyampaikan permohonan maaf jika dalam penulisan laporan hasil penelitian ini terdapat kekeliruan dan kekurangan.

    Demikian, dan terima kasih.
    Bangka, Oktober 2022


    Peneliti

    Contoh kata pengantar makalah 3

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmatnya penyusun dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu tanpa ada halangan yang berarti dan sesuai dengan harapan.

    Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada bapak … (nama dosen pengampu mata kuliah) sebagai dosen pengampu mata kuliah … (nama mata kuliah) yang telah membantu memberikan arahan dan pemahaman dalam penyusunan makalah ini.

    Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan kami. Maka dari itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini. Semoga apa yang ditulis dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.
     
     
    Toboali, …

    Kelompok …

    Contoh kata pengantar makalah 4

    KATA PENGANTAR

    Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi. Karena dengan penyertaan-Nyalah sehingga tugas makalah ini dapat terselesaikan. Dalam makalah ini penulis memasukkan beberapa hal utama tentang “Kerusakan Air Sungai Akibat Dampak Tambang Timah Ilegal” guna agar kita semua dapat mengetahui tentang hal ini dan dapat menjaga kelestarian alam.

    Tugas   ini   diharapkan dapat   membantu   para   pembaca   agar   semakin   menambah wawasan pengetahuan dan mengerti akan hal-hal yang akan dibahas dan dapat mengetahui solusi yang dapat dilakukan untuk masalah yang dibahas di dalamnya.

    Penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gogon selaku dosen mata kuliah Kajian Lingkungan Hidup kami, karena berkat bimbingan dan pengarahan dari beliau sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

    Penulis berharap bahwa makalah ini dapat berguna bagi para pembaca dan sesuai dengan kata orang bijak, tidak ada yang sempurna dalam hidup. Oleh karena itu, kritik dan saran dari segala pihak
    kami terima dengan senang hati.

    Sungailiat, 12 September 2021

    Penulis

    Contoh kata pengantar makalah 5

    KATA PENGANTAR

    Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, maka pada hari ini makalah yang berjudul “PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA ADIKTIF DI SEKOLAH” dapat diselesaikan.

    Secara garis besar, makalah ini berisi tentang hal yang berhubungan dengan remaja yang mengalami hambatan penyesuaian sosial (Social Adjustment) dikarenakan pengaruh penggunaan narkoba.

    Secara garis besar lingkup makalah ini terdiri dari tiga bab, yaitu:

    Bab I mengenai Fenomena Remaja Adiktif, yang mendeskripsikan fenomena mengenai gambaran kasus remaja yang berperilaku Adiksi.

    Bab II mengenai Landasan Teoritis, yang terdiri dari: Penyesuaian Sosial, Penyesuaian Sosial Siswa Pada Masa Remaja, dan Perilaku Adiktif; 

    Bab III mengenai Intervensi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Penyesuaian Sosial Remaja Adiktif di Sekolah, yang terdiri dari: Teknik yang digunakan, Proses Konseling kognitif perilaku, Hasil yang Diharapkan, dan Skrip Simulasi sebagai gambaran implementasi secara praktis,

    Bab IV berupa kesimpulan dari paparan bahasan.

    Penyusun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saran dari berbagai pihak sangat diharapkan demi kemajuan selanjutnya.

    Muntok, November 2009

    Penyusun,

    Itulah tadi Contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu jadikan salah stu referensi ketika membuat makalah atau karya ilmiah. Semoga bermanfaat!

     

    Artikel ini telah diterbitkan di halaman iNews.id dengan judul "7 Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat untuk Mahasiswa dan Kelompok yang Baik dan Benar"

     

    Editor : Muri Setiawan

    Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
    Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut