get app
inews
Aa Read Next : Melati Diisukan Mundur dari DPR RI, Erzaldi: Masa Ibu Mel Mundur, Jangan!

Siapa yang Akan Mengisi Kursi Wabup Bateng? Gerindra dan PKS Belum Usulkan Nama

Jum'at, 15 Juli 2022 | 13:11 WIB
header img
Siapa yang Akan Mengisi Kursi Wabup Bateng? Gerindra dan PKS Belum Usulkan Calon. Foto/ilustrasi kursi jabatan.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Siapa yang akan mengisi kursi wakil Bupati Bangka Tengah? Gerindra dan PKS belum usulkan nama calon, sisanya yang tergabung dalam Koalisi Beriman sudah ada nama tinggal musyawarah internal saja.

Saat ini figur kuat masih menjadi misteri di kalangan masyarakat usai Herry Erfian mengundurkan diri sebagi wakil Bupati Bangka Tengah dan memilih menjadi anggota PAW DPD RI menggantikan almarhum Hudarni Rani. 

Sampai hari ini sudah ada sejumlah nama yang mencuat ke publik yang digadang-gadang akan menduduki kursi Wakil Bupati Bangka Tengah. Nama politisi senior dan nama tokoh muda mulai muncul ke permukaan. 

Seperti Sekda Bangka Tengah Sugianto yang bakal memasuki masa pensiun, Anggota DPRD Bangka Tengah dari Fraksi Golkar Era Susanto dan Tasmin Tansil diajukan oleh Golkar untuk dapat dibahas dalam Koalisi Beriman. 

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eddy Iskandar, mengatakan ketiga nama tersebut berpotensi menjadi bakal calon Wakil Bupati Bangka Tengah (Bacawabup). 

"Yang berkembang di masyarakat dari kader Golkar, yaitu Era Susanto, termasuk Tasmin Tansil dan berpotensi juga dari kalangan ASN Sugianto Sekda Bangka Tengah beliau punya peluang disitu," kata Eddy Iskandar. 

Dikatakan Eddy, tiga nama yang disampaikanya memiliki potensi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bakal muncul nama lainnya. 

"Nama-nama itu diantaranya saja, kami juga akan melihat nama lain sesuai dengan perkembangan dan aspirasi dari masyarakat. Artinya tidak menutup kemungkinan bakal muncul nama lain," terangnya. 

Eddy, mengatakan nama Sugianto Sekda Bangka Tengah, berpeluang apabila disetujui oleh partai yang masuk dalam koalisi, ditambah masa jabatan Sekda yang bakal berakhir tahun ini. 

"Karena Sekda akan berakhir masa jabatan, saat ini sedang tahap evaluasi apakah akan dilakukan perpanjangan atau ada proses rotasi," ujarnya. 

Lebih jauh, sejumlah nama-nama yang muncul dari DPD Golkar dan partai Koalisi Beriman dikatakan Eddy belum final, masih memerlukan proses musyawarah antar partai. 

"Belum tahu, kalau untuk finalnya tergantung pembicaraan internal dari partai pengusung, saat ini kami terus melihat dan mendegar, perkembangan di masyarakat. Tentu keinginan Golkar rekan-rekan dari partai pengusung untuk musyawarah bersama secepatnya menentukan calon, untuk mengisi kekosongan kursi wakil bupati," harapnya. 

Ketua DPD Gerindra Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, sampai saat ini, masih menutup rapat terkait nama-nama dari Gerindra yang bakal bersaing dalam perebutan kursi Wakil Bupati Bangka Tengah. 

Beberapa waktu lalu, Erzaldi mengatakan Gerindra Babel belum menyampaikan nama karena belum rapat dan masih diupayakan. 

Pada hari ini, ia kembali mengatakan, soal nama tersebut bakal disampaikan nanti.

"Nanti saatnya akan disampaikan," kata Erzaldi. 

Untuk diketahui, hampir semua partai yang masuk dalam koalisi Algafry Rahman-Herry Erfian (Beriman) telah mengusungkan nama, untuk bursa bakal calon Wakil Bupati Bangka Tengah (Bacawabup) yang ditinggalkan Herry Erfian. 

Mereka yang telah mengajukan dari Partai Nasdem, menyodorkan nama Iskandar Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah dan Mulyadi Ketua DPD Nasdem Bangka Tengah yang juga anggota DPRD Babel. 

Kemudian DPW PPP Babel, mengajukan Azwari Helmi Anggota DPRD Babel, DPW PAN Babel mengajukan Patrianusa Sjahrun, yang merupakan Ketua DPW PAN Babel. 

Selanjutnya, PKB mengajukan Wahidah Ketua DPW PKB Bangka Tengah yang juga anggota DPRD Bangka Tengah dan PKS tidak mengajukan nama. 

Sementara, dua partai besar yang tersisa dari Koalisi Beriman, partai Golkar Babel mengajukan Sekda Bangka Tengah Sugianto, Anggota DPRD Bangka Tengah dari Fraksi Golkar Era Susanto dan Tasmin Tansil, sementara Gerindra Babel masih konsolidasi.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut