Video, Maknyus! Lempah Kuning Pucuk Kedondong Daging Sapi Kurban

Haryanto

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Anda punya daging kurban namun bingung cara mengolahnya, resep lempah kuning pucuk kedondong khas Bangka bisa dicoba untuk dinikmati bersama keluarga pada momen hari raya Idul Adha. Resep yang satu ini, sudah ada sejak dahulu dan masih dipertahankan secara turun temurun. 

Untuk mengolah kuliner yang satu ini tidak lah sulit, pertama daging sapi ataupun kambing kurban, di potong kecil agar mudah dikunyah lalu dibersihkan dan tiriskan sesaat. 

Siapkan beberapa rempah seperti kunyit, cabai rawit, lengkuas, bawang dan daun kedondong muda. 

Halus satu persatu rempah dengan cara ditumbuk, hingga semuanya halus dan menyatu menjadi satu. 

Selanjutnya, masukan daging kedalam panci bersama bumbu rempah, garam dan penyedap rasa. Lalu isi air sebagai kuahnya kemudian diaduk-aduk. 

Selanjutnya, barulah taruh daun kedondong kedalam masakan. Pucuk kedondong ini sebagai pengganti asam jawa yang biasa digunakan untuk memasak. 

Panaskan hingga bumbu serta daging meresap kedalamannya. Tunggu beberapa menit lalu angkat dan lempah kuning pucuk kedondong khas Bangka siap dihidangkan. 

Rasa asam khas pucuk kedondong berpadu pedasnya kuliner legendaris ini, sangat cocok dijadikan menu santap bersama keluarga maupun sahabat. 

Agar lebih sempurna, Anda bisa menambahkan lalapan sayuran dengan cocolan sambel terasi bakar, yang sungguh menggugah selera. 

Nah bagi anda bosen dengan cara mengolah daging hewan kurban dengan cara itu-itu saja, Anda bisa mencoba resep yang satu ini. 

Editor : Haryanto