Manfaatkan Lahan Eks Tambang, Warga Bangka Barat Tanam 1.000 Pohon Lengkeng dan Alpukat

Rizki Ramadhani
Andri memperlihatkan pohon buah Lengkeng yang siap panen. (Foto: istimewa)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Memanfatkan lahan eks pertambangan timah seluas 10 hektare, warga Bangka Barat yang diketahui bernama Andri menanamkan seribu pohon lengkeng super dan berbagai tanaman buah lainnya di Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Andri mengatakan, ia berniat melihat lahan eks tambang yang terlihat gersang tersebut menjadi hijau kembali. Ke depan, lahan eks tambang tersebut akan dijadikan spot wisata dan pendidikan bagi anak-anak sekolah.

"Tanah eks tambang yang luasnya kurang lebih sepuluh hektar tersebut diperkirakan akan hijau kembali kurang lebih dua tahun kemudian. Untuk menjadi spot agrowisata juga diprediksikan akan terealisasi di dua tahun mendatang juga," ujar Andri, Rabu (8/6/2022). 

Andri menyebutkan, tantangan bagi dirinya untuk mengolah lahan eks pertambangan timah ini terkait dengan permasalahan kesuburan tanah. 

"Tantangannya, tanah disini kandungan humusnya sulit ditemukan. Jadi, bagi kami itu jadi persoalan untuk bisa mengembalikan kesuburan tanah agar produktif," ucapnya. 

Nantinya, hasil tanam tumbuh yang berupa buah lengkeng dan alpukat di tanah miliknya tersebut direncanakan Andre bisa dinikmati bersama-sama oleh masyarakat ketika berkunjung.

"Karena dilihat itu lahan kosong, sangat sayang kalau tidak dimanfaatkan. Kenapa agrowisata ya karena itu konsepnya aja," tuturnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network