Mampukah Timnas Indonesia U-23 Akhiri Puasa Medali Emas? Jalan Terjal Garuda Muda di SEA Games 2021

Ilham Sigit Pratama
Timnas Indonesia U-23 menang melawan Filipina pada laga Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022). (Foto: Instagram/@pssi)

HANOI, lintasbabel.id - Mampukah Timnas Indonesia U-23 mengakhiri puasa medali emas di SEA Games 2021? Tampaknya skuad Shin Tae-yong akan melewati jalan terjal. Tiga pesaing skuad Garuda Muda melaju ke partai semifinal dengan catatan dan penampilan apik di fase grup.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memikul beban berat pada SEA Games kali ini. Pelatih asal Korea Selatan itu dibebani target mendulang medali emas, sebuah pencapaian yang tidak dirasakan Indonesia sejak SEA Games 1991 Manila, Filipina.

Timnas Indonesia U-23 sendiri sudah merampungkan langkah awal perjalanan meraih medali emas SEA Games 2021. Tim Merah Putih keluar sebagai runner-up Grup A dengan koleksi sembilan poin.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia U-23 berhak melaju ke semifinal SEA Games 2021. Lalu bagaimana peluang Timnas Indonesia U-23 mendulang medali emas jika ditilik dari performa para pesaing?

Timnas Indonesia U-23 sudah dinanti lawan berat di semifinal. Timnas Thailand U-23 yang merupakan langganan peraih emas SEA Games (14 kali) akan menjadi lawan Egy Maulana Vikri dan kolega di partai semifinal.

Timnas Thailand U-23 sejatinya memulai SEA Games 2021 dengan kurang meyakinkan. Gajah Perang Muda -julukan Thailand U-23- secara mengejutkan takluk 1-2 dari Timnas Malaysia U-23.

Namun, Timnas Thailand U-23 tampil menggila di tiga laga berikutnya. Timnas Singapura dan Kamboja U-23 masing-masing dibobol sebanyak lima kali oleh anak asuh Alexandre ‘Mano’ Polking tersebut.

Ketika menang tipis 1-0 atas Laos U-23 di laga pamungkas fase grup, Mano Polking mengistirahatkan banyak pemain pilar. Pemain-pemain kunci seperti Korawich Tasa, Chonnapat Buaphan dan Benjamin James Davies diparkir.

Mano Polking sendiri mengatakan sengaja merotasi pemain agar skuadnya dalam kondisi terbaik pada partai semifinal melawan Timnas Indonesia U-23 pada Kamis, 19 Mei 2022 pukul 16.00 WIB. Karena itu, Timnas Indonesia U-23 harus ekstra waspada.

Terlebih Thailand memiliki rekor apik di ajang SEA Games. Sekadar informasi, Thailand merupakan tim dengan pengoleksi medali emas terbanyak pada cabang olahraga sepak bola SEA Games dengan koleksi 14 medali emas.

Perjuangan Timnas Indonesia U-23 tidak selesai begitu saja andai berhasil melangkahi Timnas Thailand U-23. Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Vietnam U-23 atau Timnas Malaysia U-23 jika melaju ke partai final SEA Games 2021 yang berlangsung pada Minggu, 22 Mei 2022.

Secara matematis, Timnas Vietnam U-23 selaku tuan rumah sekaligus juara bertahan lebih diunggulkan untuk lolos ke partai final. Namun, Timnas Malaysia U-23 juga tidak boleh dianggap remeh begitu saja.

Timnas Malaysia U-23 memang gagal meraih kemenangan dalam dua laga terakhir. Namun, Harimau Muda -julukan Malaysia U-23- merupakan tim yang berhasil menjungkalkan Timnas Thailand U-23 di laga perdana.

Timnas Malaysia U-23 berpotensi kembali menghadirkan kejutan pada SEA Games 2021. Terlebih jika sang pelatih, Brad Maloney menerapkan gaya bermain bertahan total pada laga semifinal nanti.

Bukan rahasia lagi bahwa Timnas Vietnam U-23 lemah jika berhadapan dengan tim yang menerapkan parkir bus. Timnas Filipina U-23 dan Timnas Myanmar U-23 sudah membuktikan hal itu kala berhasil membuat repot Nguyen Tienh Linh dan kolega di penyisihan grup.

Sejauh ini, Timnas Vietnam U-23 menjadi unggulan nomor satu pada SEA Games 2021. Terlebih lagi, tim berjuluk Bintang Emas Muda itu memiliki catatan paling impresif dibanding tiga pesaingnya.

Di antara empat semifinalis, Timnas Vietnam U-23 merupakan tim dengan koleksi jumlah poin terbanyak di babak grup. Anak asuh Park Hang-seo itu mengumpulkan 10 poin, hasil tiga kemenangan, satu hasil imbang dan belum pernah merasakan kekalahan.

Partai semifinal akan dimainkan pada Kamis 19 Mei 2022 mendatang. Laga Timnas Indonesia U-23 versus Thailand U-23 akan dimainkan di Stadion Thienh Truong, Nam Dinh, sedangkan laga Malaysia U-23 kontra Vietnam U-23 akan dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho.

Besar harapannya performa terbaik ditunjukkan Timnas Indonesia U-23 di dua laga sisa SEA Games 2021. Sebab, pencinta sepakbola Tanah Air sudah sangat merindukan hadirnya medali emas SEA Games dari cabang olahraga sepakbola.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network