Polres Bangka Tengah Gelar Upacara Peringatan ke 95 Hari Ibu Tahun 2023

Rachmat Kurniawan
Upacara memperingati Hari Ibu tahun 2023 di Mapolres Bangka Tengah. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Dipimpin Wakapolres Bangka Tengah, Kompol Ikvanius Hendratmoko SH., Polres Bangka Tengah menggelar Upacara Peringatan ke-95  Hari Ibu tahun 2023 bertempat di halaman Mako Polres Bangka Tengah, Jumat (22/12/2023).

Beberapa petugas upacara dilaksanakan oleh Polwan, seperti Komandan Upacara dan pengibar bendera. Sedangkan untuk peserta upacara diikuti oleh seluruh pejabat utama Polres Bangka Tengah dan seluruh personel Bangka Tengah.

Wakapolres Bangka Tengah Kompol Ikvanius Hendratmoko SH., dalam amanatnya membacakan sejarah singkat Hari Ibu bahwa, gema Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia Raya yang pada tgl 28 Oktober 1928 digelorakan dalam Kongres Pemuda Indonesia menggugah semnagat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri. 

“Pada tahun 1929 Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI) berganti nama menjadi Perikatan Perkumpulan Istri Indonesia (PPII) pada tahun 1935 diadakan Kongres perempuan Indonesia II di Jakarta. Kongres tersebut di samping berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia juga menetapkan fungsi utama perempuan Indonesia sebagai ibu bangsa yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya,” ucapnya.

Wakapolres menambahkan, Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu tetapi jasa perempuan secara menyeluruh baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat dan sebagai Abdi Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai pejuang dalam merebut menegakkan dan mengisi kemerdekaan dengan membangun nasional. 

Selain itu ia mengatakan bahwa, peringatan Hari Ibu ini dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan makna hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. 

Ia juga berpesan agar selalu semangat dalam melanjutkan perjuangan nasional demi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur. 

“Untuk itu perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” katanya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network