Jadwal Buka Puasa Manggar Hari Ini, 24 Maret 2023

Muri setiawan
Jadwal buka puasa hari kedua di Manggar Kabupaten Belitung Timur dan sekitarnya. Foto: Istimewa.

MANGGAR, Lintasbabel.iNews.id - Jadwal buka puasa untuk wilayah Manggar dan sekitarnya, hari ini Jumat (24/3/2023) bisa diketahui dari artikel kali ini. Tentu saja, sebelum mengetahui kapan waktu berbuka itu tiba, ada baiknya kita mengulas sedikit dari kebiasaan atau sunnah Rasulullah selama bulan puasa Ramadhan.

Salah satunya adalah selalu berbuka dengan buah kurma. Hal ini tentu bukan tanpa sebab.

Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

"Dari Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum sholat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air". (HR Abu Dawud nomor 2356, Ad-Daruquthni: 240, dan Al-Hakim (I/432 nomor 1576). Dihasankan Imam Al-Albani dalam Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manaaris Sabiil IV/45 nomor 922).

Lantas apa saja keutamaan berbuka puasa dengan buah kurma? Berikut penjelasan yang disampaikan oleh Dokter Ahmad Abdurrauf Hasyim dalam kitabnya Ramadhan wath Thibb yang dimuat Syekh Salim bin Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy (halaman 400). 

Dikatakannya, yang diperlukan orang berpuasa adalah jenis-jenis makanan yang mengandung gula. Gula termasuk zat cair yang mudah dicerna oleh tubuh dan langsung cepat diserap oleh darah, lambung, serta usus.

Zat-zat yang mengandung gula seperti glukosa dan fruktosa memerlukan waktu 5 sampai 10 menit dapat terserap dalam usus manusia saat dalam keadaan kosong. Keadaan tersebut terjadi pada orang yang berpuasa.

Jenis makanan yang kaya dengan kategori tersebut yang paling baik adalah kurma khususnya ruthab (kurma basah) sebab kaya akan unsur gula, yakni glukosa dan fruktosa yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Oleh karena itu, menyantap buah kurma sangat dianjurkan ketika berbuka puasa.

Berikut ini jadwal berbuka puasa untuk wilayah Manggar dan sekitarnya di hari ke-2 Ramadhan 1444 H atau 24 Maret 2023

MAGRIB  17:59 WIB, dan waktu Isya hari ini adalah 19:07 WIB.

Sementara, untuk jadwal Imsakiyah hari ke-3 Ramadhan 1444H, atau Sabtu (25/3/2023) adalah :

IMSAK  04:26

SUBUH  04:36

TERBIT  05:47

DUHA  06:14

ZUHUR  11:56

ASAR  15:03

MAGRIB  17:59

ISYA'  19:07

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network