Memiliki 3 Sesar, Babel Berpotensi Gempa Bumi

Irwan Setiawan
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Stasiun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Depati Amir Kota Pangkalpinang, menyebut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berpotensi terjadinya gempa bumi. Hal itu karena Babel, memiliki tiga sesar.

"Babel punya potensi gempa, karena Babel punya 3 sesar yaitu Sesar Pemali, Sesar Payung dan Sesar Pading," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, Kamis (24/11/2022).

Kurniaji menuturkan, semua wilayah di Babel mempunyai potensi yang sama. Dia mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati.

"Seluruh wilayah Babel punya potensi yang sama, tidak ada daerah khusus yang punya potensi lebih besar atau lebih kecil," ujarnya. 

Selain itu, ia mengatakan cuaca ekstrem masih terjadi di wilayah Babel, seperti angin kencang dan peti.

"Kejadian hujan sedang-lebat yang disertai angin kencang dan petir, masih akan terjadi beberapa hari ke depan di wilayah Babel keseluruhan. Bahkan potensi yang sama juga masih akan berlanjut hingga Februari 2023, karena mulai dari Desember hingga Februari 2023 dikenal sebagai puncak musim penghujan di Babel," katanya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network